7 Pesona Wisata Jawa Tengah

Jawa Tengah, Provinsi di mana diriku dilahirkan dan dibesarkan sejak tahun 1991. Aku lahir dan besar di Kabupaten Tegal, kota yang tidak terlalu jauh dari Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Namun, siapa sangka aku baru bisa menginjakan kaki ku di Semarang setelah berusia 25 tahun pada saat Hari Ulang Tahun Jawa Tengah ke 66!

Di usia perak ini aku merasa mendapatkan banyak kejutan dari semesta. Setelah merayakan hari lahir di Kota Kendari pada 17 Juli lalu, aku bertandang ke Semarang dan berkeliling ke Kendal, Magelang, dan Ungaran menyusuri wisata Jawa Tengah yang memesona!

Selama empat hari menyusuri Jawa Tengah aku benar-benar merasakan "Jateng Gayeng" yang penuh semangat, berani, tangguh, jujur, ramah, menggembirakan, harmonis dan hangat bersama rekan-rekan dari Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Tengah serta teman-teman blogger #FamTripJateng. Layaknya nilai-nilai yang ingin dicapai Pak Ganjar.

Wisata Umbul Ponggok, Candi Plaosan, Puntuk Setumbu, Gereja Ayam, Progo Rafting, Candi Gedong Songo dan Susan Spa Resort menjadi 7 Pesona Wisata Jateng yang membuat ku semakin cinta dengan Indonesia!

1. Umbul Pongok dan Pesona Bawah Air Jateng!

Wisata air adalah favorit ku! Meskipun aku tak bisa berenang, tapi entah aku paling suka wisata air dibanding wisata kuliner, kota apalagi gunung :p! Nah, Umbul Ponggok menjadi salah satu destinasi favoritku di #FamTripJateng! Air di Umbul Ponggok ini berasal dari mata air di wilayah Ponggok, Klaten. Airnya bersih, jernih, dingin, banyak ikan dan terumbu karang buatan, dan yang pasti ada objek foto bawah air yang super keren dan sayang kalau dilewatkan! Satu hal yang harus kamu persiapkan saat mau berfoto di bawah air, kamu harus bisa tahan nafas yang lama supaya hasil fotonya bagus dan maksimal :D

Awas! Ada yang lagi ngebut di Umbul Ponggok! :p
Kring Kring Kring
Ayo naik becak di Umbul Ponggok :p

Ini hanya beberapa spot foto loh ya! Di Umbul Ponggok masih ada banyak spot lainnya yang ga kalah kece! Ada semacam ring tinju, tempat berkemah, hiasan berbentuk LOVE dan meja kerja dengan laptopnya. Unik ya!


2. Romantisme Hindu-Budha di Candi Plaosan

Candi Utama, di Komplek Candi Plaosan Lor (Utara)
Masih ingat tulisanku tentang Harmonisasi Hindu-Budha? Ya di balik Candi Plaosan yang berada di wilayah Klaten, kita akan menemukan kisah yang mengejutkan! Kisah cinta, politik dan harmonisasi dua agama yang berbeda pada mas Mataram Kuno. Ketika kita menyambangi Candi ini, tidak hanya wisata bangunan bersejarah saja, tapi kita pun dapat menggali kisah kisah cinta yang menarik serta kekayaan budaya yang tersimpan dalam bangunan ini.

3. Kemegahan Borobudur dari Punthuk Setumbu

Semburat Matahari Pagi dan Candi Borobudur di Punthuk Setumbu
Di pagi buta hari Minggu lalu, aku dan teman-teman #FamTripJateng memburu sunrise di Punthuk Setumbu, Magelang. Siapa sangka, setelah lelah berjalan dan mendaki bukit ini, aku bisa melihat Candi Borobudur dari atas awan! Dan tak jauh dari bukit ini kita bisa menyambangi Gereja Ayam yang sedang populer di kalangan traveler.

4. Kisah Cinta & Rangga di Gereja Ayam

Menara Merpati / Gereja Ayam
Halo Jawa Tengah dari atas Menara Merpati, Gereja Ayam

Gereja ayam? Terdengar aneh pada awalnya bukan? Aku mendengar tempat wisata ini setahun yang lalu dari seorang teman. Gereja ini menarik minat para wisatawan karena bentuknya yang unik! Menaranya menyerupai bentuk burung merpati, namun dinamai Gereja Ayam! Entah mengapa. Setelah mengelilili bangunan ini dan mendengar cerita dari pemandu wisata kami, aku tahu kalau gereja ini dibangun oleh Daniel Alamsjah di Bukit Rhema pada tahun 1988 untuk tempat pengobatan dan penyebaran agama Kristen.

Uniknya lagi, jika kamu sudah nonton film AADC 2, kamu juga akan merasakan kehadiran Cinta dan Rangga di sini. Dan mungkin kamu bisa menemukan cintamu di sini?

5. Progo Rafting, Rafting Terdrama Sepanjang Hidup!

Kali ini adalah pengalaman kedua aku ikut rafting dan rafting kali ini adalah rafting paling seru dan penuh drama sepanjang #FamTripJateng! Kami dipandu oleh Mas Grompong, kru dari Progo Rafting, dan kapal kami tersangkut di tengah-tengah batu! Kami sudah merasa panik dan tegang, beberapa usaha kami lakukan untuk memperbaiki posisi kapal kami. Syukur lah, kami bisa melalui tantangan pertama dengan baik berkat bantuan Mas Grompong.

Itu bukan satu-satunya cerita di rafting kali ini! Sepanjang perjalanan pun, kami bertemu dengan alien dari kapal lain! Iya alien! Karena kami tidak saling mengenal tapi kami beradu cepat di sungai ini dan saling mencipratkan air sungai! But we do it with fun, totally fun! Cerita yang lebih menggemaskan lagi (menggemaskan!) aku sering tergelincir dari kapal, karena aku mengenakan celana renang yang memang licin. Sunggu, rafting kali ini adalah rafting yang tak terlupakan!

Kebahagiann kami di tengah arung jeram Progo Rafing!
Jalan-jalan akan lebih seru dengan teman jalan yang seru, dan mereka TEMAN JALAN YANG SUPER SERU!

6. Misteri Gedong Songo

Kawasan Candi Gedong Songo
Candi Gedong I
Candi Gedong II
Candi Gedong III
Candi Gedong IV
Candi Gedong V
Gedong Songo artinya bangunan yang berjumlah sembilan. Kawasan wisata ini terletak di daerah Ungaran. Aku bersama teman-teman menjelajah kawasan wisata ini dengan berjalan kaki dan treknya lumayan, sedikit mendaki bukit dan menuruni lembah. Candi yang seharusnya berjumlah sembilan, namun kami hanya bisa menjumpai lima gedung saja. Konon ceritanya, ada beberapa candi yang memang masih berupa artefak dan belum dipugar, serta ada pula candi yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Cerita ini semakin membuat ku penasaran, ketika di bus Pak Juned, pemandu wisata kami, menceritakan jika Bu Suci dari Dinas Pariwisata dan Budaya Jateng bisa menemukan kesembilan bangunan candi ini. Jadi entahlah, empat candi ini masih menjadi misteri keberadaanya.

7. Susan Spa Resort

Akan terasa indah jika kita melihat hamparan pemandangan dari atas. Ya, memang! Ku buktikan ini dari atas Susan Spa Resort. Salah satu tempat wisata yang berada di Ungaran ini dibangun di atas perbukitan, sehingga kita merasa berada di atas awan, melihat Jawa Tengah. Selain pemandangan atas awan, kita juga bisa melihat bangunan minimalis yang cantik untuk tempat pernikahan. Chapel (gereja) ini berwarna putih, simple dan unik! Bisa menjadi tempat yang romantis untuk melangsungkan pernikahan. Mungkin kamu ingin merayakan pernikahanmu di sini? Ditemani dengan pemandangan semesta yang cantik.

Melihat Jawa Tengah dari atas awan
Chapel (Gereja) untuk Pernikahan
Melihat hamparan Jawa Tengah dari atas terasa indah dan manis.
Seindah dan semanis senyum kamu! Iya Kamu!
Dan Jawa Tengah menantimu!


[Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah]

Comments

  1. Aku pengen ke umbul ponggok deh,apalagi kudu masuk air gtu pazti unik fotonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin

Ketika Pengetahuan Budaya Indonesia Menjelma Dalam Kode-Kode Nusantara

“Saingi Raja Ampat, Pulau-Pulau Cantik di Manado Jadi Incaran Para Divers dan Traveler Sepenjuru Dunia”