Deketin Long Distance Relationship (LDR) pake Java MiFi


Belakangan ini, sepanjang usiaku yang menapaki dua puluh tujuh tahun, selalu ada cerita, kisah, dan perjalanan yang mengejutkan. Tidak hanya membuatku terkejut karena terlalu membahagiakan hingga meneteskan air mata tapi juga membuatku terkoyak-koyak rasa dan lenyap dalam kekosongan hingga penuh sedu sedan. Kedua kejutan itu, sama-sama berujung pada buliran air mata yang menetes di pipi! Ya, memang aku secengeng itu!

Aku ingat betul bagaimana di Bulan Desember tahun lalu, ketika ragaku berada di Kota Tinutuan, tapi jiwaku masih tertinggal di Kota Metropolitan dengan kisah romantisme yang carut marut tak berkesudahan bersama F. Bahkan di saat aku berada di tengah angin badai, kamu diam seribu bahasa tak bergeming. Sesederhana memberikan doa dan menanyakan kabar ku pun tidak.

Tak ku sangka, akhir tahun lalu pun akan menjadi awal dari akhir romansa kita setelah bertahun-tahun bersama. Kembali ke Ibu Kota hanya berujung pada perpisahan kita.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu dan waktu pun berlalu untuk ku lalui tanpa mu. Rasa sepi dan kosong itu mulai menyeruak ke permukaan. Tak ada lagi teman berbincang, berkeluh kesah dan pemberi nasihat dan semangat.

Hingga akhirnya, aku bertemu dengan seseorang, sebut saja dia adalah Dilan, Dilanku tahun 1991, yang dengan rajinnya memberikan senyum, salam, sapa canda tawa dan lagu-lagu pengantar tidur di masa-masa aku mengalami insomnia akut saat itu. Di awal pertemuan kami, kami hanya dibatasi jarak provinsi saja. Intensitas bertemu seminggu atau dua minggu sekali masih bisa kita usahakan, sisanya terhubung via internet. Sekarang? Dia dipindahtugaskan ke pulau seberang, semakin jauh jarak yang membentang. Jujur, baru sekarang ini, aku mengalami masa LDR.

Untung saja, kita masih bisa terus terkoneksi setiap hari via phone atau video call, berkat kemajuan teknologi dan akses internet. Entah bagaimana kita masih akan merasa dekat jika tidak ada layanan itu semua. Dan, aku sungguh salut dengan orang-orang jaman dulu yang menjalani hubungan LDR tanpa bantuan teknologi untuk bertegur sapa dan memandangi satu sama lain dalam jangka waktu yang lama. Termasuk orang tua ku, sejak aku kecil mereka LDR dan hanya bisa bertemu satu sampai tiga bulan sekali.

Sebentar lagi, sepertinya aku akan mendapatkan project dan pelatihan dalam jangka waktu yang cukup lama di negeri seberang. Dan, aku sudah sangat khawatir bagaimana akan terkoneksi dengan keluarga dan tentunya dengan Dilanku tahun 1991. Untung saja sekarang ada layanan portable wifi dari Java MiFi. Jadi, aku bisa terus melakukan phone call atau video call dengan dia selama bertugas di negeri seberang.

Menulis dengan Rasa

Jujur, aku tergolong baru perihal portable WiFi untuk akses internasional ini. Pertama kali tahu tentang Java MiFi ini ketika ikut serta dalam workshop "Menulis dengan Rasa" yang diselenggarakan oleh Komunitas ISB bersama dengan Mba Dini Fitria, seorang jurnalis sekaligus traveler yang mendorong kita menuliskan segala hal cerita kita dengan penuh rasa dan menggunakan semua indera yang kita miliki untuk memberikan "soul" dalam tulisan kita.

Belajar Menulis dengan Rasa bersama Mba Dini Fitra

Saat workshop menulis dengan rasa Mba Dini berbagi pengalamannya saat melalui perjalanan di India yang sangat dia benci, namun dengan sudut pandang dan merasakan segala macam rasa yang bisa ia tangkap dengan panca inderanya, dia bisa menuliskan tulisan perjalanannya dengan penuh rasa. Di sini ia pun berbagi ilmu tentang langkah-langkah yang perlu kita siapkan untuk membuat tulisan, Mulai dari menentukan tema tulisan, premis, alur, wants and needs, value dan goal yang ingin dicapai dalam tulisan yang akan kita buat. Jadi, ketika menulis kita telah merancang plot dan tujuan yang hendak dicapai, bukan hanya sembarang menulis tanpa alur.

International Portable WiFi

Jadilah aku mencari lebih banyak informasi tentang Java MiFi, supaya sudah well prepare, kalau jadwal training sudah keluar. Java MiFi memberikan layanan sewa WiFi luar negeri dengan layanan 4G di 150 negara, harga sewa WiFi yang bersaing, gratis biaya pengantaran dan gratis untuk pengembalian ke wilayah manapun di Indonesia! Praktis bukan? Informasi seputar biaya bisa cek di sini, kita bisa lebih berhemat lagi nih untuk pembelian paket internet Java MiFi dengan menggunakan kode wulan10 kamu bisa mendapatkan diskon 10 persen! Lumayan banget kan?! Java MiFi bisa jadi pilihan WiFi rental yang bisa kita andalkan saat di luar negeri.

Portable WiFi dari Java MiFi
Dapetin diskon 10% dengan kode WULAN10

Baiklah, tulisan ini banyak curhatnya dengan selipan-selipan informasi yang semoga bermanfaat. Setiap orang punya kisah cerita dan liku-likunya masing-masing. Sebelumnya, aku pikir hidupnya normal dan datar-datar saja, sampai akhirnya aku pun memasuki juga episode hidup penuh drama dan kejutan-kejutan tak terduga selama dua tahun belakangan ini. Dan, akan masih ada kejutan-kejutan dari semesta yang akan datang. Perjalananku dengan kisah-kisahnya yang mengejutkan belum usai. Masih ada rasa yang belum selesai dan perlu untuk diperjuangkan.

Dan aku, kita, masih tetap harus berjuang di tengah ketidakpastian dan kejutan-kejutan dari semesta!

Comments

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Hutan Mangrove Karangsong, Ekowisata Binaan Pertamina