Tempat-Tempat Incaran Kalau Pegipegi ke Bali

Ahhh rasanya sudah lama sekali aku ke Bali. Memori yang tersimpan ketika berkunjung ke Pulau Dewata ini seputar study tour ketika aku duduk di bangku kelas 2 SMA, sekitar 10 atau 11 tahun yang lalu! Masih menyandang status pelajar SMA yang polos dan belum mengenal dunia traveling dan blogging seperti sekarang ini. Ahh, tentu akan berbeda jadinya, kalau saat itu aku sudah mulai aktif menuliskan cerita-cerita perjalananku kala itu. Bahkan, aku pun tak punya foto kenangan yang tersimpan ketika study tour kala itu.

Menjelang Hari Raya Nyepi kemarin, aku sungguh rindu Bali! Rasanya, ingin sekali langsung terbang ke Bali untuk ikut rehat dan menyepi di sana. Setelahnya, langsung melanglang buana untuk menyambangi tempat-tempat incaran ketika Pegipegi ke Bali!

Sudah mirip gadis Bali yang rindu kampung halaman belum?

Lokasi: Pura Amertha Jati, Cinere, Depok.
Foto diambil oleh: Deni Oey

Pulau 1000 Pura ini menjadi salah satu tempat impian untuk ku kunjungi lagi. Salah satu hal yang sangat menarik perhatian adalah kentalnya budaya Hindu-Bali yang amat sangat dijaga oleh masyarakatnya. Dan, aku ingin sekali kembali ke Pulau Dewata ini untuk mengunjungi 7 tempat incaran berikut ini!

Tirta Gangga

Tirta Gangga jadi salah satu tempat incaran wisata yang sangat menarik! Tirta gangga adalah taman cantik dengan konsep istana air di kawasan karangasem. Tidak hanya sekedar tempat wisata yang menjual keindahan dan kecantikan taman air-nya loh, ternyata Tirta Gangga ini punya banyak cerita menarik!

Tirta Gangga
Sumber Foto: Pegipegi.com

Tirta Gangga dibangun tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Taman ini dibangun untuk menghormati masyarakat Hindu Bali pada masa itu. Nama Tirta Gangga pasti mengingatkan kita pada India bukan? Memang, nama ini terinspirasi dari Sungai Gangga di India. Bagi kebudayaan Hindu, Sungai Gangga  menjadi air mata sumber kehidupan dan kesejahteraan untuk umat manusia. Air gangga pun dianggap suci karena berasal dari tanah dan dapat digunakan untuk upacara adat. Untuk mengunjungi tempat ini kita cukup membayar tiket sebesar Rp. 5.000,- dan menambah tiket Rp. 6.000,- untuk berenang.

Desa Penglipuran

Destinasi kedua yang menjadi incaran kalau ke Bali adalah Desa Penglipuran. Desa adat di Bali ini berlokasi di desa Kubu, Kab. Bangli dan berada di ketinggian 700 mdpl. Jika berada di desa ini tentunya kita akan bisa merasakan kentalnya budaya Bali yang masih sangat dijaga ditambah kesejukan udaranya.

Desa Penglipuran
Sumber Foto: Maddy Kusuma

Nama Desa Penglipuran pun sangat menarik perhatianku, apakah desa ini akan bisa menjadi tempat penglipur lara? Ehehehe. Dan setelah ku cari tahu perihal penamaan desa ini, memang ada makna tersendiri di balik nama Desa Penglipuran. Ada beberapa makna yang tersimpan di balik nama desa ini. Penglipuran berasal dari kata "Pangeling" dan Pura yang artinya tempat untuk mengingat pura di buyung gede dan leluhurnya. Selain itu, penglipuran juga merupakan penggabungan kata "pelipur" dan "lara" yang menjadikan tempat ini untuk menghibur diri di kala sedih. Jadi kalau ingin menyembuhkan duka lara, kita harus banget ya PegiPegi ke Bali dan mengunjungi Desa Penglipuran, hehehe. Satu lagi, Penglipuran pun berasal dari kata "pangleng" dan "pura" yang artinya tempat yang dikelilingi oleh pura di empat penjuru angin.

Kita bisa berkunjung ke Desa Penglipuran dari jam 08.00 - 17.00 WITA dengan biaya tiket dewasa sebesar Rp. 15.000 dan Rp. 10.000 untuk anak-anak (wisatawan domestik), sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 25.000 untuk anak-anak.

Candi Lempuyangan

Di Pulau Dewata yang mayoritas penduduknya beragama Hindu kita tak akan ada habisnya untuk menemukan pura di setiap jengkal langkah kaki kita. Dari sekian banyak pura yang ada di Bali, Pura Lempuyangan di Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, jadi salah satu pura yang paling diincar untuk dikunjungi. Tak hanya untuk melihat tempat ibadah yang sarat budaya tetapi juga dipercantik dengan latar pemandangan Gunung Agung dan sorotan matahari saat golden hour saat senja dan subuh hari.

Candi Lempuyangan
Sumber Foto: Donnavdwal

Tempat-tempat incaran di Bali yang ciamik sudah ada nih tinggal buat rencana perjalannya buat pergi liburan ke Bali. Kalau mau merencanakan perjalanan biasanya aku bakal buat rencana itinenary dan budgeting-nya. Budget terbesar kalau traveling biasanya ada di akomodasi nih, tiket pesawat dan penginapan. Aku harus mulai hunting dan cek promo tiket pesawat ke Bali dari sekarang.

Pegipegi.com bisa jadi salah satu rekomendasi platform pemesanan tiket pesawat yang bisa kita coba nih. Dari sisi user experience, menurutku PegiPegi ini mudah dan sederhana untuk digunakan, semua informasi penting terpampang jelas di laman utama web-nya. Mulai dari pencarian tiket pesawat, kalender promo, harga acuan pesawat tiap hari, promo bulanan tiket pesawat, dan informasi-informasi dasar seputar daerah tujuan. Misalnya saja, lokasi bandara, transportasi bandara, terminal bandara, pajak bandara, informasi umum, tips bepergian dan rute penerbangan. Semuanya bisa kita lihat secara mudah dan jelas di laman Pegi Pegi.

Dengan segala kemudahan pemesanan tiket pesawat dan daftar destinasi incaran selama liburan ke Bali sudah ada nih, tinggal atur waktu dan tempat perjalanannya nih! See you soon Bali!



Comments

  1. Waaaks Bali!! Dari list diatas yang bru pernah cuma ke panglipuran. Pengen cobaa yang lain. Semoga ada kesempatan!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kay's Cafe Tempat Nongkrong Cozy di Pasar Baru Mansion

Usia Perak di Kota Kendari

Atur Perlindungan Pendidikan Anak dengan HappyEdu