Tips Mengatur Keuangan Buat (Pasangan) Dewasa Muda

Ngopi-ngopi sambil mikirin financial planning, makanya mukanya serius, ehehehe
Lokasi: Danau Linow, Tomohon, Manado


"Enak yah ngopi di sini"
"Nongkrong di kafe ini bagus nih, instagramable soalnya"
"Wah, ini dress-nya lucu nih, pengen beli deh"
"Bulan depan jalan kemana nih kita?"

Celotehan-celotehan semacam itu yang biasanya mengisi akhir pekanku bersama teman-teman di tahun lalu. Tapi, awal tahun ini berasa beda nih, selain pembahasan ngopi-ngopi dan jalan-jalan, aku sendiri sudah mulai aktif dan concern sama bahasan financial planning. Soal umur dan kematangan usia memang tidak bisa dipungkiri yah? Semakin bertambah usia aku semakin sadar dan semakin serius memikirkan how to manage my financial for my (family) in future life.

Hmmm,,, belakangan ini aku banyak menuliskan cerita-cerita dan opiniku tentang financial planning ya? Sepertinya ini memang karena pertambahan usia dan benar-benar memasuki usia dewasa muda, aku merasa menjadi lebih aware dengan kondisi finansial dan cara mengaturnya dengan baik demi masa depan. Kalau kamu membaca tulisanku tentang Resolusi 2019, lebih dari 50% resolusi ku ya tentang financial planning.

Di awal tahun ini, saat usia sudah berada di usia 27 tahun, dan lebih dari empat tahun pengalaman kerja, dan masih belum memiliki pasangan resmi (iya, soalnya kalau pun punya gebetan, atau pacar atau apa pun you name it, kalau belum menikah kan belum resmi ya namanya?! eheheheh), aku memikirkan bagaimana aku sebagai pribadi dewasa muda harus bisa mandiri secara finansial di saat ini dan harus bisa memulai investasi untuk tabungan masa depan.

Sebetulnya, sejak masih mengenyam pendidikan di kampus, aku sudah mulai bisa mendapatkan penghasilan. Penghasilanku itu biasanya untuk membantu orang tua membayar biaya kuliah dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi. Hingga sekarang ini pun, aku sudah bisa dibilang cukup mandiri secara finansial, cukup untuk memenuhi kehidupan diri sendiri di kota perantauan dan turut membantu memenuhi kebutuhan orang tua di kampung halaman. Namun, sampai di tahun 2018 ya aku belum terlalu memikirkan tentang pengaturan keuangan untuk tabungan dan investasi.

Hingga akhirnya di tahun ini, aku serius ingin menata kondisi keuanganku dengan baik dan tepat. Biasanya, yang terlintas di pikiran tentang financial planning ya sebatas nabung, nabung, nabung terus melangkah ke investasi deh. Tapi, ternyata ada hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dipikirkan saat membahas financial planning. Apa itu? Ya rencana proteksi atau asuransi. Sudah diakui oleh lembaga keuangan dan lembaga asuransi di Indonesia, memang literasi proteksi atau asuransi di Indonesia masih rendah. Karena memang tidak banyak edukasi mengenai hal ini dan banyak orang yang berpikiran asuransi adalah hal yang mahal dan untuk apa?

Jika kurang literasi mengenai asuransi carilah informasi sebanyak-banyaknya, ada banyak sumber yang bisa kita baca dan pelajari. Jika, merasa asuransi itu mahal, eitsss tunggu dulu, coba cek asuransi Happy One ID dari Asuransi Astra. Happyone.id ini merupakan platform asuransi yang memberikan layanan HappyMe, HappyTrip, HappyEdu, dan HappyHome dalam satu identitas mulai dari 399.000 rupiah! Cukup terjangkau bukan untuk mendapatkan empat jenis asuransi sekaligus?

Jadi apa saja manfaat yang kita dapat dari 399 ribu itu? Pertama, perlindungan HappyMe, adalah perlindungan atas risiko kecelakaan diri dengan nilai premi dan pertanggunan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kedua, HappyTrip adalah layanan asuransi perjalanan domestik dan internasional. Keropetan-kerepotan tak terduga, misalnya kendala tiket, kendala bagasi dan kendala-kendala lainnya yang bisa terjadi saat traveling bisa dibantu dengan layanan ini. Ketiga, HappyEdu yang memberikan perlindungan utama berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila tertanggung utama yaitu orang tua, meninggal dunia karena kecelakaan. Ku pikir, layanan HappyEdu ini sangat penting bagi para pasangan muda untuk menyiapkan dana pendidikan ananknya di masa depan. Keempat, HappyHome adalah layanan perlindungan untuk rumah jika terjadi risiko kebakaran.

Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat layanan all in one insurance dari Happy One ID? Sudah siap merencanakan keuangan masa depan dan menjadi #BeTheHappyOne?

Comments

  1. Asyik banget nih, satu platform asuransi bisa dapat all-in :D

    ReplyDelete
  2. Wow, pasti memudahkan sekali bagi kita2 yang suka dengan paket all in one ya kak. Beli 1 dapet semua ��

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kay's Cafe Tempat Nongkrong Cozy di Pasar Baru Mansion

Mengintip Smart Office Indosat Ooredoo

Usia Perak di Kota Kendari