Next Travel Wish List! City Tour Semarang - Jogja

Empat belas hari sudah, ku lalui hari-hari baru di tahun 2019 yang penuh cerita. Betapa tidak, ada banyak hal-hal baru yang kulakukan di tahun ini, misalnya saja dengan mengikuti program "30 Hari Becerita" dan menuliskan resolusi dengan serius. dan menjadikan hidup ku ini menjadi semakin bermakna. Aku pun akhirnya memiliki rekan jejak atas hal-hal menarik yang aku lalui setiap hari. Rasanya, ini menjadi obat atas memoriku yang kian lama kian pudar akan masa lalu.

Dengan sederet resolusi 2019 yang ingin aku capai, aku mulai menata diri dengan target-target masa depan. Beberapa di antaranya telah berhasil ku tuntaskan! Betapa, keajaiban sebuah catatan resolusi ya? Di tahun ini, aku belum membuat rencana-rencana traveling selama setahun ke depan. Baru satu yang ku tuliskan, di pertengahan tahun ini aku ingin menghadiahi usia ke-28 ku dengan pergi ke Aceh. Dan akhirnya, beberapa hari ini aku memikirkan city tour Semarang - Jogja! Mungkin, aku memang memiliki rasa rindu pada dua kota ini. Dan seperti dendam, rasa rindu harus terbalas tuntas, ehehehe.

Mengapa Semarang dan Jogja?

Semarang, kota yang sempat ku singgahi saat mengikuti Family Trip Jateng, sayangnya, Semarang hanya menjadi tempat singgah, perjalanan kami banyak di habiskan di kota Magelang dengan indahnya 7 tempat wisata Jawa Tengah yang memanjakan mata saat itu. Padahal, aku sangat tertarik dengan wisata-wisata dalam kota di Semarang. 

Beberapa ikon kota Semarang yang ingin ku kunjungi adalah Museum Lawang Sewu, Kota Lama dan Gereja Blendhuk, Pasar Seni Klithikan Padangrani, Museum Kota Lama Semarang, Pecinan, Klenteng Sam Po Kong, Vihara Buddhagaya, Museum KAI, dan tak lupa Masjid Agung Jawa Tengah. 

Klenteng Sam Po Kong
Sumber Foto: Wisata Kota Semarang

Vihara Buddhagaya
Sumber Foto: Aneka Tempat Wisata

Beberapa destinasi wisat a yang ku incar ini erat ya dengan wisata budaya dan religi. Karena wisata budaya dan religi ini sarat makna dan cerita. Dan dari situlah aku bisa merasakan dan menghargai toleransi serta kebhinekaan yang hidup di Nusantara. Dari rencana city tour Semarang ini aku bisa belajar tradisi masyarakat China, pemeluk agama Islam, Tionghoa, Buddha dan rupa-rupa budaya tradisi yang masih di rawat di ibu kota Jawa Tengah ini.

Dari Semarang menuju Jogja. Jogja, adalah kota yang sudah beberapa kali aku kunjungi, tapi sepertinya Jogja memiliki magnet yang teramat kuat untuk menarik kembali orang-orang kembali ke kota ini. Saat di Jogja pun aku belum puas mengeksplor kota ini, yang ku ingat, di sela-sela "business trip" April 2017 lalu, aku hanya sempat menyambangi Jalan Malioboro, Taman Sari dan Candi Prambanan. Dan, masih banyak tempat yang ingin aku kunjungi, mulai dari Keraton Jogja, Alun-Alun Kidul, Titik Nol Kilometer, Museum Batik Jogjakarta, Benteng Vredeburg, dan juga Masjid Gede Kauman. Sederetan tempat-tempat ini akan menjadi travel wish list selanjutnya di 2019.

Dan tak lupa, ketika ke Jogja aku ingin sekali mencoba jemparingan, sebuah tradisi memanah dari Kerajaan Mataram. Namun, jemparingan bukanlah sesederhana olaharaga panahan, tapi merupakan seni mengolah rasa.Seorang pemanah haruslah membidik sasaran menggunakan perasaan, sehingga dibutuhkan ketenangan, agar bisa tepat sasaran. Ketenangan ini merupakan makna terdalam dari filosofi jemparingan. Setiap orang haruslah memiliki ketenangan dalam mengambil keputusan, agar keputusan yang dibuat bisa tepat. Dari sini pun, aku belajar, bahwa butuh perhitungan masak-masak untuk mengambil langkah dan keputusan hidup di masa depan.

Jemparingan
Sumber Foto: Kendilimo

Dan perjalanan city tour Semarang - Jogja akan semakin mudah ku jalani dengan layanan Bus Semarang Jogja. Jadi, sudah semakin mantap rencana perjalanan city tour Semarang - Jogja ini. Tinggal cari teman jalannya nih. Apa kamu mau jadi teman jalannya aku buat city tour Semarang - Jogja?

Comments

  1. senangnya sekarang tiket bus pun bisa dibeli secara online ya kak...jadi walau perjalanan panjang setidaknya bus tiketnya kadang lebih ekonomis :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin