Mau Solo Traveling? Siapin Hal-Hal Ini Dulu!

Di usia yang sudah melewati usia perak aku belum pernah melakukan solo traveling! Kenapa? Karena sepertinya aku belum punya keberanian dan kenekadan buat solo traveling hehe. Tapi, semakin bertambahnya usia, pengalaman, pertemanan dan pola pikir hidup, sepertinya tahun ini aku terpikirkan untuk melakukan solo traveling. Paling tidak untuk merealisasikan salah satu resolusi  ku di tahun 2019, mengapresiasi diri sendiri di usia ke dua puluh delapan tahun di bulan Juli nanti ke destinasi impian, Aceh!

Masjid Baiturrahman Aceh

Tapi sebelum merealisasikan solo traveling, ada beberapa hal yang perlu disiapin dulu nih, biar semakin mantap dan berani solo traveling nanti. This is it!

Perbanyak Riset

Sebelum menentukan rencana perjalanan hal pertama dan yang wajib kita lakukan adalah perbanyak informasi mengenai daerah yang akan kita kunjungi. Mulai dari tradisinya, kebudayaannya, norma yang berlaku dan juga pelajari bahasa daerah kalimat-kalimat penting yang bisa membantu kita di sana, misalnya saja kata tolong, maaf dan terimakasih. Dan tak ketinggalan, tempat-tempat wisata, tempat penginapan, sentra kuliner, pusat oleh-oleh, norma pakaian yang seharusnya di kenanakan, serta sarana tranportasi yang bisa kita gunakan selama di sana.

Budgeting dan Itinenary

Setelah melakukan riset tempat-tempat yang akan kita kunjungi, tempat menginap, dan sentra kuliner di tempat tujuan, selanjutnya kita bisa membuat budgeting dan itinenary yang pas dengan durasi liburan dan budget yang kita miliki. Jangan lupa untuk memilih kedatangan di tempat tujuan di pagi hari, supaya lebih aman dan bisa langsung jalan-jalan, hehe.

Light Packing

Selama solo traveling, kita harus membawa barang-barang kebutuhan traveling sendirian, jadi sebisa mungkin lakukan "light packing" agar tidak kerepotan saat melakukan perjalanan. Persiapkan peralatan dan baju ganti secukupnya, dan tata serapi mungkin supaya cukup membawa 1 carrier / 1 koper kecil saja. Selama perjalanan juga sebaiknya kita membuat salinan dokumen penting, dan mencatat nomor-nomor penting untuk berjaga-jaga jika ada hal-hal emergency.

Ikuti Insting atau Naluri

Selama melakukan solo traveling, usahakan tidak menceritakan bahwa sedang melakukan solo traveling. Hal ini untuk meminimalisir potensi kejahatan yang mungkin saja terjadi. Selama berjalan-jalan pun kita harus berani untuk menolak ajakan orang asing. Jika, sudah ada yang mencurigakan segeralah pergi ke tempat yang ramai, misalnya saja restauran.

Taruh Uang dan Kartu Debit di Beberapa Tempat Terpisah

Selama solo traveling, mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja kecopetan atau barang kita tertinggal di suatu tempat. Pastikan kita menyimpan uang dan kartu debit di beberapa tempat yang berbeda, supaya kita tetap memiliki uang cadangan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Aktif Memberikan Kabar pada keluarga / Teman Dekat

Selama solo traveling, memberi kabar adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dan berilah informasi di mana kita menginap serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Berilah kabar pada keluarga dan teman dekat yang bisa memantau keberadaan dan kondisi kita. Jika kita tiba-tiba menghilang tanpa kabar, maka mereka bisa langsung melakukan tindakan untuk mencari dan pelaporan.


Stay connected to your beloved friends when solo traveling

Siapkan Asuransi Perjalanan

Asuransi menjadi hal penting, apalagi ketika melakukan solo traveling. Siapkan asuransi yang cocok dan sesuai dengan perjalanan kita menjadi hal yang wajib untuk dipikirkan. Apakah kita akan melakukan perjalanan domestik atau internasional? Untuk memilih jenis asuransi perjalanan yang tepat dan ramah kantong, HappyTrip menjadi layanan yang bisa dipertimbangkan.

Layanan ini menyediakan asuransi perjalanan domestik dan internasional yang akan membantu kita selama solo traveling jika mengalami beberapa kendala. Misalnya saja terjadi pembatalan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi, kecelakaan atau sakit selama perjalanan dan perlindungan terhadap keterlambatan penerbangan. Penting banget kan buat solo traveler? So, tunggu apa lagi, bisa solo traveling dengan aman dan nyaman terus jadi #BeTheHappyOne deh.

Comments

  1. Saya sering melakukan solo travelling persis dengan cara ini

    ReplyDelete
  2. Tulisannya bermanfaat Pengen solo travelling ke luar negeri hehe

    ReplyDelete
  3. walopun rutin traveling, jujur aja aku blm pernah sukses solo travel. pernah mba sekali coba, pas ke palembang doang. tp gagal krn aku tiba2 ngerasa ga enak di hotel hahahaha. akhirnya telp suami suruh nyusul besoknya :p.

    ntahlah, aku tipe yg ga bisa jalan sendiri. harus ada temennya. biasa ama suami ato sahabat. saking ga nyamannya sendiri, aku prnh sampe bayarin temenku hanya utk nemenin. biar ga sendiri aja.. :) . blm tau deh, kapan aku bakal berubah pikiran mncoba jalan sndiri

    ReplyDelete
  4. yeaay yeaay tipsnya membantu bangeet.. boleh dicoba nanti kalo mau solo traveling. kadang perlu juga sih traveling sendirian tuh

    ReplyDelete
  5. Syiap jadi lebih tau apa yang harus disiapkan sebelum traveling, makasih gan

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen solo traveling nih jadinya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kay's Cafe Tempat Nongkrong Cozy di Pasar Baru Mansion

Mengintip Smart Office Indosat Ooredoo

Usia Perak di Kota Kendari