Habis 2018, Terbitlah Resolusi 2019

Tak terasa, tahun 2018 sudah berganti dengan tahun baru, 2019. Tahun 2018 menjadi tahun yang berbeda dan penuh cerita buat ku. Tahun yang penuh kisah, drama dan pelajaran. Semua itu sudah ku lalui selama setahun penuh dengan perjuangan. Yang pasti ada banyak pelajaran yang harus ku serap baik-baik untuk memperbaiki diri di kemudian hari. Habis kisah-kisah di tahun 2018, terbitlah resolusi 2019!

Di tahun-tahun sebelumnya, aku memikirkan resolusi-resolusi, tapi tak pernah ku catat dengan rapi dan baik. Ya alhasil, semua hanya mengambang dan menguap begitu saja. Tapi, tidak untuk kali ini. Di tahun 2019, di umur yang semakin harus dewasa dan memikirkan masa depan. Aku hendak menuliskan resolusi ku dengan baik dan merealisasikannya dengan sungguh-sungguh.

Dan, di pembukaan tahun 2019 ini aku mau berbagi beberapa resolusi yang sudah kupikirkan dan mulai ku lakukan perlahan-lahan. Catatan resolusi ini ku ketik dalam notes hand phone, pagi ini, 2 Januari pukul 08.05 wib, saat-saat aku menunggu driver ojek online ku datang.

Pertama, aku ingin segera menyelesaikan cicilan kamera mirrorless. Ini sudah kuniatkan sejak bulan Desember kemarin. Beberapa bulan lalu, aku memang sengaja membeli kamera mirrorless untuk kebutuhan membuat konten foto dan video. Bagiku, ini bukan cicilan atau hutang yang sia-sia. Karena, apa yang aku beli bermanfaat dan menunjang produktivitasku dalam nge-blog dan menghasilkan pendapatan tambahan selain bekerja di sebuah F&B company. Dan, tepat hari ini, aku sudah melunasinya! Resolusi pertama yang tercapai di 2019!



Saat-saat ini aku pun teringat sebuah workshop financial planning dengan sebuah start up financial planning 15 Desember lalu. Salah satu kiat yang perlu dijalani untuk menata keuangan kita adalah pikirkan hutang yang ingin kita ambil, apakah bermanfaat? Meningkatkan produktivitas? Mendesak untuk memenuhi kebutuhan atau hanya ambisi dan keinginan sesaat saja? Sebuah pelajaran keuangan yang harus diingat ya.

Kedua, menyelesaikan cicilan pembelian asset! Ini adalah salah satu, tanggungan finansial terbesar yang harus konsisten ku jalani setiap bulannya selama setahun penuh! Andai kau tahu, pembelian ini dilakukan satu bulan sebelum aku mengundurkan diri dari kantorku yang lama! Hahahaha, masa depan memang tak mudah ditebak ya? Paska resign dan momen-momen jobless itu, pastinya ada ketakutan apakah bisa memenuhi tanggungan ini di bulan-bulan berikutnya? Alhamdulillah, satu bulan masa jobless itu masih bisa memenuhi tanggungan ini dengan menggunakan tabungan-tabungan yang ada. Dan, empat bulan lagi masa cicilan akan berakhir! Aku masih harus mengencangkan ikat pinggang untuk menjaga pengeluaran-pengeluaran tak penting, demi tabungan masa depan :)

Ketiga, perbanyak membaca buku favorit, menulis ceritaku sendiri, mencari pertemanan yang bisa saling menjaga, menguatkan dan membahagiakan. Supaya aku bisa merasa lebih hidup dan tidak lenyap dalam kesendirian.

Menyambut tahun baru dan cerita-cerita baru bareng Geng Kuliner Hits kesayangan
(Derus, Vira, Mas Achy, Aris, Oky, Benaaa, Bela)

Keempat, tulis puisi, bacakan dan rekam puisi itu. Sungguh aku tak bisa bernyanyi, mungkin kamu akan langsung menutup kuping, kalau aku bernyanyi di depanmu hahaha. Tapi, aku suka suaraku ketika membacakan bait-bait puisi dengan irama yang tenang dan lembut. Aku akan segera membuatnya, dan kamu bisa  segera mendengarkannya via soundcloud hallowulandari ya. Mungkin, kamu juga akan suka dengan suaraku yang membacakan puisi-puisi itu, hehee.

Kelima, traveling saat ulang tahun! Juli mendatang usiaku akan menginjak 28 tahun, dan aku ingin sekali menghadiahi diri sendiri dengan traveling ke Aceh! Kenapa Aceh? Karena dari dulu aku memang sudah tertarik dan penasaran dengan Aceh! Titik barat Indonesia yang ingin sekali aku kunjungi. Mungkin, yang membaca ceritaku ini ada yang mau jalan bareng ke Aceh, bulan Juli nanti?

Masjid Raya Baiturrahman, salah satu tempat yang ingin ku kunjungi di Aceh

And then, the last but not the least mulai menabung, berinvestasi dan menyiapkan asuransi. Dari beberapa daftar resolusiku, ternyata banyak yang menyinggung tentang finansial ya? Ya mungkin ini sudah naluri dan tuntutan usia, hehee. Jauh berbeda dengan resolusi-resolusiku tahun-tahun sebelumnya yang membuat daftar resolusi seputar, turun berat badan, dapat pacar, makin cantik, banyak traveling, ingin membeli perintilan ini itu, hehee.

Kenapa menabung, berinvestasi dan menyiapkan asuransi? Ya, karena kita perlu mempersiapkan masa depan dan segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Karena dalam hidup ini selalu ada risikonya. Mulai dari risiko kecelakaan, kematian, keamanan, kebakaran, kerugian investasi, tanggunan pendidikan hingga risiko-risiko yang bisa dihadapi saat traveling. Dan, ternyata ada banyak hal yang perlu perlindungan.

Untungnya, sekarang ini ada jasa asuransi dari happyone.id, platform asuransi yang menyediakan asuransi kecelakaan diri (HappyMe), asuransi santunan pendidikan dan jaminan pendidikan anak (HappyEdu), asuransi kebakaran rumah (HappyHome) dan asuransi perjalanan (HappyTrip). Semuanya bisa di kelola dengan satu id. Dan semuanya, bisa dibeli mulai dari 399 ribu aja loh! Murah, praktis dan simple! Tinggal pilih program perlindungan dan preminya, and let's be the happy one!


Comments

  1. happy new yeaar mbaaa ;). target ku thn baru ini juga berkaitan ma traveling dan financial. kalo traveling aku plan nov utk sky diving ke dubai, lalu pas ultahku juni pgn nginep di sky lodge purwakarta yg kamarnya di tengah2 tebing itu :D. pgn liat pemandangan dr ketinggian 500 meter pas ultahku :D. aku memang suka segala hal yg memacu adrenalin. :)

    happyone.id Ini aku srg dgr tp memang blm coba liat produk2nya. asuransi buatku ptg sih, utk jaga2 kalo sampai terjadi apa2 dgn suami dan aku. makanya kalo beli asuransi, aku prefer yg UP nya gede, utk jaminan buat anak2. krn memang tujuannya proteksi. thn ini pgn nambah proteksi lg buat mereka :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kay's Cafe Tempat Nongkrong Cozy di Pasar Baru Mansion

Usia Perak di Kota Kendari

Atur Perlindungan Pendidikan Anak dengan HappyEdu