Cerdas Dengan Uangmu untuk Kulineran & Traveling

Wah sudah hawa-hawa liburan akhir tahun nih, Christmast Eve and New Year is coming!!! Kalau sudah begini pasti sibuk nih mikir dan ngatur keuangan akhir tahun buat liburan. Aku saja sekarang sudah bergegas menyiapkan liburan momen Natal ke Manado dan menyambut tahun baru bareng temen-temen #GengKulinerHits di Jakarta. Kalau kamu gimana? Lagi bingung ngatur keuangan untuk liburan dan hang out kemana?

Selama traveling dan hang out bareng temen-temen pasti banyak ya pengeluaran yang bisa bikin kantong jebol. Tapi gimana ya, caranya kita bisa mengatur keuangan kita selama setahun agar bisa tetap mencukupi kebutuhan pokok, nabung, jalan-jalan dan mengusahakan investasi demi masa depan yang tenang dan bahagia.

Ini nih, minggu kemarin aku bersama teman-teman hang out ke salah satu kafe di kawasan Jakarta Selatan untuk nonton live music dan kulineran saja normalnya bisa merogoh kocek ratusan ribu. Kebayang dong, seberapa besar budget yang bisa keluar dari kantong kalau tiap weekend hang out dan kulineran sama temen-temen selama sebulan? Bisa jutaan! Angka yang fantastis ya?! 

Kenikmatan yang HQQ yaaa makan bareng temen di kafe :p

Yang lain siap berfoto, aku sama deni malah fokus makan-makan aja, abis enak sih, hehe :p

Kenapa sih kami suka hang out bareng dan cari kafe-kafe lucu di Jakarta? Ya karena, selama sepekan kami sudah disibukkan dengan rutinitas kerja harian. Rasa penat pun seringkali muncul. Kebersamaan bersama teman-teman adalah salah satu obat yang mujarab untuk mengobati rasa bosan, lelah dan penat yang ada. Bercanda tawa dan mengabadikan momen bahagia nan lucu seperti ini pasti menjadi cerita manis di tengah-tengah load kerja dan drama-drama kehidupan di Jakarta #tsaahh.

Take wefie with lovely friends :)
- Deni, Mas Achy, Derus -

Kalau udah ngumpul-ngumpul rame begini, bahagia kan, tapi sesudahnya suka pusing lagi mikirin uang jajan yang menguap dan bikin kantong jebol. Nah, gimana dong ya supaya kita bisa mengatur keuangan dengan baik dan bisa memilah-milah antara kebutuhan yang harus dipenuhi dan keinginan buat jajan-jajan dan traveling supaya bisa tetap cerdas menggunakan uang? Kebetulan banget nih, Sabtu lalu, 15 Desember 2018, aku ikut workshop #CerdasDenganUangmu dari moneysmart.id.

Saat itu, sesi sharing Cerdas dengan Uangmu dibawakan oleh Mas Akbar dari Money Smart. Mas Akbar piawai sekali nih dalam mengatur keuagannya untuk pemenuhan kebutuhan pokok, hiburan dan investasi. Di usianya yang muda, Ia sudah aktif berinvestasi di saham dan mendapatkan benefit yang besar dari saham yang Ia kelola.

Sharing Session #CerdasDenganUangmu

Nah ini nih ilmu managemen keuangan yang dibagikan oleh Mas Akbar:

Buat Catatan Keuangan

Catatan keuangan menjadi penting banget nih untuk acuan mengatur keuangan kita. Kita harus membuat catatan arus kas, uang masuk dan uang keluar harian secara rutin. Supaya kita bisa mengevaluasi di akhir bulan, pengeluaran-pengeluaran apa saja yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan. Dan memangkas dana-dana tersebut di bulan berikutnya. Bisa juga kita membuat nerasa yang berisikan kondisi kekayaan atau aset yang kita miliki. Untuk mengatur dan menyiasati budgeting money smart pun memiliki tips-tips yang patut kita contoh seperti yang tercakup dalam ulasan Smart Money Budgeting yang dikupas tuntas oleh Money Smart.

Proteksi Aset

Banyak masyarakat Indonesia yang masih minim literasi proteksi / literasi asuransinya, padahal proteksi ini penting untuk meminimalisir risiko di masa depan. Proteksi aset ini bisa berupa proteksi individu, proteksi aset, proteksi usaha dan proteksi masa depan.

Investasi

Dalam berinvestasi kita juga harus pintar-pintar memilih jenis investasi yang hendak kita ambil. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam berinvestasi. Pertama, tentukan tujuan investasinya. Kedua, pilih jangka waktu untuk jangka pendek atau jangka panjang? Ketiga, profil risiko, perhitungkan toleransi diri kita terhadap risiko berinvestasi. Keempat, alokasikan investasi ke beberapa pilihan investasi. Jangan menaruh investasi hanya pada satu pilihan untuk meminimalisir risiko kerugian. Kelima, lakukan tinjauan periodik, kita harus memantai investasi secara periodik, agar bisa memaksimalkan hasil investasi. 

Siapkan Dana Darurat

Dalam menyiapkan dana darutat, rekomendasi yang disampaikan oleh Mas Akbar adalah paling tidak kita memiliki tabungan sebanyak 6 bulan gaji kita sebagai dana cair yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika ada hal-hal mendesak yang harus diselesaikan.


Bijak dalam Berhutang

Pikirkanlah baik-baik, apakah benar-benar perlu berhutang? Kita juga harus memikirkan sisi positif dan negatif dari hutang yang kita ambil. Jika, kita seorang blogger atau vlogger yang membutuhkan perangkat seperti laptop, hand phone, kamera untuk bisa menjadi lebih produktif dan mendapatkan penghasilan tentunya mengambil hutang untuk membeli peralatan tersebut sah-sah saja. Namun, jika hutang yang kita lakukan hanya untuk berfoya-foya dan senang-senang, hindarilah hutang tersebut. Jadi, pertimbangkan baik-baik ya dalam mengambil hutang :)

Nah, sekarang sudah dapat ilmunya kan untuk mengatur keuangan? Semoga bisa diimplementasikan dengan baik ya. Jadi kita bisa tetap happy-happy dan terus menabung atau berinvestasi demi masa depan yang tenang, nyaman dan bahagia :)

Kalau udah #CerdasDenganUangmu kan bisa bahagia kaya gini kan? :D

By the way, kalau kamu punya cerita tentang financial planning mu selama ini bisa loh ikutan Kompetisi Blog MoneySmart 2018 #CerdasDenganUangmu! Lomba blog ini sudah berlangsung sejak tanggal 10 Desember hingga tanggal 31 Desember 2018. Yuk, tulis ceritamu dan dapatkan kesempatan memenangkan total hadiah Rp. 10.000.000,- 

Berikut persyaratan lombanya:

  1. Usia blog minimal 6 bulan;
  2. Blog aktif (minimal posting 1 bulan terakhir);
  3. Jumlah postingan minimal 20;
  4. Blog yang diikutsertakan boleh self-hosted atau pun web 2.0
  5. Jika sudah menulis, daftarkan tulisanmu ke bit.ly/CerdasDenganUangmu
Selamat bercerita ya!

Comments

  1. Hangout sangat mengasikan dan inilah yang bisa menjadi bumerang karena uang kita habis sebelum akhir bulan.

    Cerdas kelola keuangan akan bikin happy di masa depan dan kulineran jalan terus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin