#SalamSatuJempol untuk Indonesia!


Selama ini, biasanya aku bercerita dan bertutur tentang food, travel, culture dan life style, namun kali ini aku juga akan menuliskan opini ku tentang pemerintahan dan pembangunan Indonesia. Karena, bagaimana pun, kehidupan kita tidak akan bisa terpisahkan dari kinerja pemerintahan dan kemajuan pembangunan Indonesia. Bayangkan saja, apa jadinya jika tidak ada rencana pembangunan 15 bandara baru di Indonesia. Kesempatan untuk traveling untuk mengeksplor wilayah-wilayah Indonesia akan akan mengalami kesulitan, tertunda atau bahkan tidak bisa kita realisasikan.

Kalau pemerintah tidak mengupayakan program-program perekonomian, kesehatan, pendidikan dan pembangunan berjalan dengan baik kita pun tak akan bisa menikmati layanan-layanan yang semakin mempermudah dan membantu masyarakat Indonesia. Misalnya saja program BPJS Kesehatan, Kartu Jakarta Pintar, Kartu Indonesia Sehat, layanan ekonomi digital, kemudahan berbisnis, pembangunan bandara, jalan tol serta infrastruktur-infrastruktur lainnya dan beragam program lainnya yang turut meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Kalau semua program tersebut tidak pernah ada, aku pun mungkin akan kesulitan membahas dan menceritakan review unik dan menarik tentang food, travel, culture dan life style.

Penghujung tahun 2018 akan segera tiba, dan kita akan memasuki masa-masa kampanye Pemilihan Presiden 2019. Sudah saatnya kita merefleksikan kinerja Presiden Jokowi selama 5 tahun ini dan mendalami sosok-sosok calon presiden pada pemilihan presiden pada tanggal 17 April mendatang. Ada banyak hal yang kusoroti selama masa pemerintahan Jokowi sejak tahun 2014 hingga sekarang menuju Pilpres 2019.

Setelah membaca dan menesuluri berbagai informasi mengenai program kerja Jokowi sejak tahun 2009, berikut beberapa program kerja Jokowi yang patut diacungi jempol untuk pembangunan Indonesia*:

Jokowi adalah Presiden pertama yang membawa semangat Kebhinekaan dan ragam budaya tradisi Nusantara dalam Upacara Kemerdekaan di Istana Negara


Semangat kebhinekaan dan kecintaan budaya tradisi nusantara yang dibawa oleh Pak Jokowi di era pemerintahannya adalah hal yang paling berkesan bagiku. Bagaimana tidak, sebagai salah seorang relawan di sebuah komunitas pelestari budaya, apa yang dilakukan oleh Pak Jokowi bagaikan angin segar yang memberikan semangat baru untuk terus melanjutkan perjuangan untuk terus melestarikan dan memahami identitas dari budaya tradisi nusantara.

Pembangunan Infrastuktur Nasional

Di era pemerintahannya, Jokowi mencanangkan program pembangunan infrasturktur secara merata dan menyeluruh guna aktivasi roda perekonomian yang merata. Sejak 2014, Ia telah melakukan penguatan konektivitas tol laut dengan pembangunan dan pengembangan pelabuhan sejumlah 477 titik lokasi (2015-2017), pembangunan (akumulatif) 369 KM spool rel kereta (2015-2017), pembangunan 11 bandara baru, pembangunan 397 KM jalan tol yang sudah beroperasi dan Pembangunan LRT serta MRT yang masih dalam tahap penyelesaian.

Penerbitan Jutaan Sertifikat Tanah

Di era pemerintah Jokowi langkah percepatan penerbitan sertifikat tanah dilakukan secara konsisten dari tahun ke tahun. Sebelumnya, pemerintah hanya menyelesaikan 500k hingga 800k sertifikat tanah per tahun. Sekarang ini, pemerintah sudah bisa menerbitkan jutaan sertifikat tiap tahunnya, bahkan di tahun 2018 sudah terbit 5 juta sertifikat tanah. Pemerintahan Jokowi pun terus menggencarkan reforma agraria dan redistribusi lahan untuk bisa dikelola oleh masyarakat.

BBM Satu Harga

BBM sudah menjadi kebutuhan yang penting untuk menggerakkan perekonomian, sayangnya harga BBM di pulau-pulau 3T  (terluar, terdepan, terpencil) dan di wilayah Papua harganya masih sangat tinggi. Hingga akhirnya, pemerintah melakukan terobosan BBM Satu Harga untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
Hingga September 2018, Pemerintah telah mengoperasikan 77 titik BBM Satu Harga. Karena program ini, masyarkat di Tolikara, Papua bisa membeli BBM Premium seharga Rp. 5.150 per liter dan BBM Premium seharga Rp. 6.450 per liter, jauh lebih rendah dari harga sebelumnya Rp. 25.000-40.000 per liter.

Merebut Tambang dan Migas dari Tangan Asing

Di tangan Presiden Jokowi lah kita bisa mengambil alih kembali SDA yang sudah dikuasai asing. Beberapa di antaranya adalah pengambilalihan Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan dan kini sepenuhnya dikelola oleh PERTAMINA. Selain itu, Pemerintah juga telah menguasai 51% asset saham Freeport Papua. Ada pula pengambilalihan aset dari PT Newmonta Nusa Tenggara (Perusahaan tambang milik AS) oleh Medco Energi.

Pertama Kali dalam Sejarah, Tingkat Kemiskinan Indonesia Turun 2 Digit sejak 1998


Jokowi adalah Presiden pertama yang telah melakukan komunikasi langsung dengan Suku Anak Dalam

Jokowi adalah sosok pemimpin yang merakyat dan tanpa sekat

Ia lah tokoh Presiden RI pertama yang melakukan blusukan langsung ke masyarakat untuk mendengarkan keluh kesan dan masukan dari mereka.

Jokowi adalah Presiden pertama yang memberikan Ijin pada Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan di perairan Indonesia

Di era Pemerintahan Jokowi, pembangunan tidak hanya difokuskan pada daerah Jawa saja, namun merata dan mengutamakan pembangunan di wilayah Kalimanta, Sulawesi serta Papua.

Dan masih banyak deretan kinerja Pemerintahan era Jokowi-JK. Saat ini, sudah ada 2 nama capres dan cawapres yang harus kita kenali demi menentukan pilihan yang tepat dan yang terbaik untuk kemajuan dan pembangunan Indonesia. Jokowi – Ma’ruf Amin, dengan nomor urut 1 dan Prabowo – Sandi, dengan nomor urut 2. Setelah aku melakukan profiling pada kedua Capres-Cawapres 2019, ku temukanlah sisi positif dan negatif dari kedua belah pihak. Dengan segala pertimbangan track record, rekam jejak sejarah, kinerja dan visi misi paparan capres cawapres, hak pilih ku sudah ku tetapkan untuk pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin demi pembangunan Indonesia.
Sejak pengumuman nama capres dan cawapres, aku sudah mengeliminasi capres dan cawapres dengan nomor urut 2. Pasalnya, Capres nomor urut 2 telah memiliki rekam jejak yang tidak bisa ku terima dengan baik. Sehingga, aku lebih berfokus pada pengenalan sosok Jokowi dan Ma’ruf Amin serta rekam jejak kinerja, prestasi dan visi misi yang akan mereka bangun untuk Indonesia di masa mendatang.

Pemilihan Presiden 2019, sudah semakin dekat, kenalilah calon-calonmu, gunakan hak pilihmu, untuk penentuan arah masa depan Indonesia mendatang.


#SalamSatuJempol untuk Indonesia!



*Direview dari berbagai sumber

Comments

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin