Tour de Balongan Pertamina: Jalan-Jalan Sembari Belajar Pengolahan Sumber Energi

Siapa yang tak tahu Pertamina? Sepertinya, sudah bisa dipastikan seluruh masyarkatat Indonesia tahu tentang Pertamina. Paling tidak, orang awam tahu betul di mana harus membeli bensin untuk moda transportasinya, ke Pom Bensin Pertamina. Sederhananya memang seperti itu, Pertamina dikenal sebagai perusahaan BUMN yang menyediakan bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan moda transportasi sehari-hari.

Dengan segala macam prestasi, prestige dan ke-bona fide-annya, Pertamina juga menjadi salah satu perusahaan favorit dan incaran anak-anak muda untuk berkarir. Tidak hanya bagi anak-anak muda berlatar belakang pendidikan ilmu science, bagi lulusan ilmu sosial pun memiliki kesempatan dengan perusahaan besar ini. Aku pun, sebagai anak lulusan Hubungan Internasional, sempat mengikuti proses pendaftaran rekruitmennya via online, hehe :p

Dan, aku senang sekali ketika diajak ikut serta dalam program Pertamina Jelajah Energi "Tour de Balongan" tanggal 25-26 September kemarin. Tour de Balongan ini adalah program kunjungan ke Operasi Pertamina wilayah Jawa Barat.

Statisun Jatibarang, Indramayu


Setelah memburu perjalanan ke Stasiun Senen dengan drama motor ojeg online yang mogok di tengah jalan, akhirnya aku bisa sampai beberapa menit sebelum rombongan berangkat ke Jatibarang! Dan akhirnya sampailah rombongan Pertamina Jelajah Energi di Stasiun Jatibarang. Destinasi pertama yang akan dituju dalam tur kali ini adalah Pertamina Eksplorasi Produksi (Pertamina EP) Asset 3 field Jatibarang. 

Pertamina EP merupakan anak perusahaan yang beroperasi di sektor hulu migas. Produksi minyak yang dihasilkan oleh Pertamina Asset 3 ini sebanyak lebih dari 12ribu Barrel Minyak per Hari (MBOPD) dan gas lebih dari 285 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) (data per September 2018). Selain memproduksi minyak untuk kebutuhan BBM kita sehari-hari, ternyata Pertamina memproduksi gas juga ya, dan hasil produksi gas Pertamina ini dialirkan ke 25 industri dari berbagai bidang, mulai dari pembangkit listrik, Baja, Semen, dan Pupuk di area Jawa Barat, dan untuk minyak dialirkan ke 3 kilang yaitu Balikpapan, Cilacap, dan Balongan untuk diolah menjadi produk.

Banyak sekali ya industri vital yang berkaitan dengan produksi energi dari Pertamina, tak terbayang bagaimana jadinya kalau sumber-sumber energi itu semakin menipis! Proses produksinya pun rumit dan memakan waktu yang lama mulai dari riset, eskplorasi, hingga pengolahan yang bisa berlangsung sampai puluhan tahun. Makanya, mulai sekarang kita harus sadar untuk berhemat energi nih. Mulai dari hal yang sederhana, hemat penggunaan listrik dan gunakan transportasi umum.

Site Visit PEP Jatibarang.
Di sinilah eksplorasi produksi area Jatibarang berlangsung.

Setelah mengunjungi PEP Jatibarang, destinasi selanjutnya menjadi destinasi yang sangat menarik nih, Pertamina Refinery Unit VI Balongan (Pertamina RU VI Balongan). Pasalnya Pertamina RU VI Balongan ini adalah kilang terbesar yang dimiliki oleh Pertamina dan kilang yang telah menerapkan teknologi terkini. Kompleksitas mesin dan teknologi dari kilang Balongan ini adalah yang paling tinggi di Indonesia dan mampu bersaing dengan kilang minyak di Asia! Keren ya?! That's why I am so excited with Pertamina RU VI Balongan.

Pertamina RU VI Balongan ini berlokasi di Jl. Raya Balongan Km. 9, Indramayu, Jawa Barat, dengan bidang usaha mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM, dan Petrokimia. Selama tour di area Pertamina RU VI Balongan, banyak sekali mesin dan tabung-tabung pengolahan minyak, lokasi mesin-mesin tersebut cukup berdekatan satu sama lain, dan ada juga tabung penampung minyak yang bisa menyesuaikan tinggi penutup sesuai dengan muai volume dari minyak yang ditambung. Jadi tutupnya bisa naik turun saat minyak nya menyusut atau pun memuai. Sayangnya selama di area ini kita tidak bisa mengambil gambar ataun pun video. Memori Pertamina RU VI Balongan yang amat kompleks disertai pemandu "manis" dari Pertamina yang mengiringi Tour de Balongan ini harus disimpan rapat-rapat supaya tak memuai hingga menguap ke angkasa :p

Selain kekompleksan dan "kemanisan" tour Pertamina RU VI Balongan, unit kerja ini juga memiliki HSSE Demo Room yang merupakan pilot project Pertamina. HSSE Demo Room merupakan bentuk komitmen Pertamina akan aspek keselamatan dan kesehatan kerja, sesuai dengan standard Corporate Life Saving Rules.

Selama di HSEE Demo Room, kami di ajak berkeliling melihat-melihat beragam jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan para pekerja Pertamina sesuai dengan kebutuhan perlindungan dan lokasi kerjanya. Kita pun di ajak menonton video edukasi aspek-aspek keselamatan dan kesehatan kerja supaya paham pentingnya APD, apa yang dilakukan para petugas, apa resikonya, dan bagaimana mitigasinya. 

HSSE Demo Room


Beberapa APD Pertamina

APD yang kupakai di TBBM Balongan

Selain tingkat kompleksitas yang tinggi dan manisnya pemandu Pertamina RU VI Balongan, kilang ini juga menghasilkan produk-produk bernilai tinggi antara lain Pertamax Turbo, Pertamax Low Sulfur High Quality dan Avtur, bahan bakar untuk pesawat. Dan, fyi, Pertamina RU VI Balongan adalah satu-satunya kilang Pertamina yang mampu memproduksi Pertamax Turbo untuk BBM Lamborghini. 

Tim Jelajah Energi "Tour de Balongan"

Field Visit dan Plant Visit Pertamina sudah usai, selanjutkan kami akan diajak ke Ekowisata Mangrove Karangsong yang merupakan binaan Pertamina untuk menjaga pemulihan lingkungan dan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Simak cerita seru di Karangsong di sini ya. 

Comments

  1. Pertamina, salah satu BUMN yang dulu saya incar. Cuma rejekinya ternyata ada di instansi pemerintah. Alhamdulillah mungkin ini yang terbaik untuk saya.

    Buat Pertamina, maju terus dan tetap eksis dengan energi terbarukan.

    ReplyDelete
  2. Wulan pake seragam biru jadi mirip tukang ngebor. Hahahha..

    ReplyDelete
  3. Bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih yaa kakak

    ReplyDelete
  4. Pertamina tuh emang selalu jadi inceran ya.
    Seru banget main ke kilang minyak. Gue selalu penasaran sih gimna tambang minyak tuh .��

    ReplyDelete
  5. Ini semacam trip berfaedah, ya. Beruntung sekali Kak Wulan bisa bergabung di acara tersebut.

    ReplyDelete
  6. Suka nih sama jalan2 yg kayak gini... Jadi banyak nambah wawasan juga ya...

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget deh! Sekalian eksplor Balongan ya😊

    ReplyDelete
  8. Trip nya berfaedah bangett. Keliatannya seru ya kak. Jalan-jalan tapi nambah ilmu juga hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin