Keantusiasan Closing Ceremony #AsianGames 2018

Siapa yang tak heboh dengan perhelatan olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018? Dan perhelatan ini akan berlangsung di dua kota di Indonesia, Jakarta dan Palembang. Pemilihan lokasi Asian Games 2018 pun penuh cerita, mulai dari awalnya helatan Asian Games XVIII akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam dan akhirnya berlabuh ke Indonesia.

Awalnya Hanoi telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games XVIII, pada tanggal 8 November 2012. Namun, di tahun 2014, muncul kekhawatiran kesanggupan Vietnam untuk menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Hingga akhirnya, pada tanggal 17 April 2014, Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung, secara resmi mengumumkan penarikan Hanoi sebagai tuan rumah Asian Games XVIII.

Usai pengumuman tersebut, Indonesia, Tiongkok dan Uni Emirat Arab adalah kandidat-kandidat negara yang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Filipina dan India pun menyatakan ingin menjadi tuan rumah Asian Games XVIII namun gagal. Dan akhirnya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games XVIII.

Penuh cerita dan perjuangan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Namun, perjuangan yang dilakukan tidak akan pernah sia-sia. Usaha keras ini terbayar dengan sederet prestasi yang memukai dari para atlet nasional Indonesia!
Gelora Bung Karno, Jakarta

Jakabaring Sports City, Palembang

Banyak hal-hal menarik dari Asian Games tahun ini. Di tahun ini, untuk pertama kalinya helatan Asian Games diselenggarakan di dua kota secara bersamaan. Untuk pertama kalinya juga cabang olahraga eSport dan polo kano juga turut diperlombakan sebagai cabang olahraga eksibisi. Selain itu, ada pula olahraga Jet Ski, Sambo, Paralayang, Kurash, Speed Skating, Skate Boarding, BMX, dan Kabaddi yang menjadi cabang olaharga yang baru dipertandingkan di perhelatan Asian Games.

Cabang Olahraga Sambo
Cabang Olahraga Kabaddi

Dan salah satu hal yang mengharukan adalah lewat olahraga, atlet Korea Utara dan Korea Selatan bersatu dalam satu tim di beberapa nomor pertandingan. Alangkah indahnya, olahraga bisa menjadi pemersatu perdamaian kedua negara tersebut. Dan yang tidak kalah penting, di malam ini sehari menjelang penutupan Asian Games 2018, ajang olahraga ini telah memecahkan 6 rekor dunia, 18 rekor Asia, dan 86 rekor Pesta Olahraga Asia! Sungguh kejadian-kejadian yang sangat luar biasa, dan semuanya terselenggara di Indonesia. Aku dan seluruh masyarakat Indonesia sangat bangga akan hal ini!

Sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di Jakarta, aku merasakan langsung dampak positif yang terjadi di Ibu Kota ini karena Asian Games 2018. Mulai dari perbaikan Gelora Bung Karno yang semakin rapi dan indah, banyak trotoar yang diperbaiki dan dipercantik sehingga lebih nyaman bagi para pejalan kaki, layanan transportasi Trans Jakarta yang diberikan secara gratis setiap akhir pekan selama bulan Agustus, dan semangat positif yang bertebaran di linimasa sosial media. Ini sungguh hal-hal positif yang menyenangkan karena Asian Games 2018!

Dan akhirnya setelah mengikuti keseruan Asian Games sejak pertengahan bulan Agustus lalu, aku berkesempatan untuk menghadiri dan melihat Closing Ceremony Asian Games 2018 secara langsung di Gelora Bung Karno, Jakarta! Aku antusias sekali menyaksikan closing ceremony Asian Games 2018. Bagaimana tidak? Dengan sederet dampak positif yang telah kuceritakan, ditambah para atlet Indonesia telah menoreh banyak prestasi dan mampu memberikan posisi ke-empat terbaik dengan sumbangan banyak medali emas, perak dan perunggu. Dan juga, deretan artis yang akan tampil di perhelatan ini sangat menarik! Aku tidak sabar melihat para atlet, kru pendukung dan artis-artis favoritku yang akan tampil di panggung Closing Ceremony Asian Games 2018!

Artis Pengisi Acara Closing Ceremony Asian Games 2018
Sumber Foto

Beberapa artis yang ku suka ada RAN, Isyana Sarasvati, Gigi, dan BCL! Dan tentunya masih banyak artis-artis lain yang akan menghibur acara puncak Asian Games 2018 ini. Dan tak kalah antusias aku pun menantikan penampilan Super Junior dari Korea! Entah akan seheboh apa ya para penonton di Gelora Bung Karno ketika Suju tampil di atas panggung! I am so excited! Jangan lupa baca ceritanya aku besok ya tentang keseruan Closing Ceremony Asian Games 2018!

Comments

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin