Menjejakkan Kaki di Observatorium Booscha

Apa yang terlintas di pikiranmu jika mendengar kata Booscha? Bandung? Lembang? Atau Petualangan Sherina?



Jujur, sebagai anak rantau dari daerah yang awalnya hanya bermain-main di sekitaran Jakarta saja, saat itu aku masih sangat awam dengan kota Bandung. Hingga akhirnya aku bekerja di lembaga penelitian yang berpusat di Kota Bandung. Karena hal ini aku jadi sering melakukan kunjungan kantor ke Bandung.

Pada suatu kesempatan, aku bersama rekan-rekan kantor berkunjung ke Observatorium Booscha di Lembang, Bandung, untuk menghadiri diskusi perbintangan dan kalender Sunda. Seketika mendengar undangan ke Booscha, aku riang gembira dan teringat film Petualangan Sherina sewaktu kecil. Masih terngiang bagaimana Sherina bisa membantu Sadam saat adegan penculikan di Booscha.

Jadi, apa saja sih yang bisa kita lihat dan pelajari di Observatorium Booscha?

Observatorium Booscha sudah berdiri cukup lama, dibangun sekitar tahun 1923-1928, pada masa kolonial Belanda. Observatorium ini digunakan bagi para peneliti untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan astronomi. Kalau begitu, sudah terbayang bukan, observatorium ini pastinya menyimpan peralatan-peralatan untuk mengamati bintang-bintang dan benda-benda angkasa lainnya.
Sejauh ini ada 10 teleskop yang aktif dan masih digunakan. Di antara 10 teleskop yang ada, teleskop ganda Zeiss dan teleskop Bamberg adalah teleskop yang paling populer dan paling menarik minat para pengunjung.

Teleskop ganda Zeiss adalah teleskop bintang raksasa di bawah naungan atap kubah raksasa yagn bisa dibuka tutup. Teleskop ini juga ditopang di atas lantai yang bisa dinaik-turunkan untuk menyesuaikan posisi teleskop dalam meneropong bintang.

Teleskop Ganda Zeiss


Lain halnya, dengan teleskop ganda Zeiss yang bisa kita gunakan pada siang hari, teleskop Bamberg dapat kita gunakan pada malam hari. Teleskop ini ditempatkan di bangunan bawah tanah dengan atap melengkup yang dapat dibuka juga untuk meneropong langit malam.

Setahuku, observatorium ini menjadi laboratorium bagi mahasiswa astronomi dan para astronom dari Institut Teknologi Bandung. Untuk berkunjung ke Booscha dan melihat langsung beragam teleskop yang ada di dalamnya, kita perlu memperhatikan jadwal kunjungan yang disediakan.
Bagi instansi / sekolah / organisasi bisa melakukan kunjungan pada hari Selasa-Jumat. Buat perorangan juga bisa masuk yaaa, di hari Sabtu jam 09.00-13.00 WIB. Di hari Minggu dan Senin, observatorium ini tidak menerima kunjungan. Kalau kamu mengatur jadwal kunjunganmu kamu bisa melakukan ke website https://bosscha.itb.ac.id/id/.

Observatorium Booscha juga menerima kunjungan malam di bulan kemarau (April-Oktober). Pada waktu ini para pengunjung bisa mencoba meneropong bintang-bintang di malam hari.

Our Happiness from Booscha :))


Observatorium Bosscha
Lokasi: Jalan Peneropong Bintang, Lembang
Jam kunjungan siang untuk perorangan: Sabtu 09.00 – 13.00
Harga tiket kunjungan siang: Rp15.000
Harga tiket kunjungan malam: Rp20.000


Comments

  1. waah pengen banget kesana, tapi aku pernah googling kalo nggak rombongan nggak bisa ya mba?

    ReplyDelete
  2. "Observatorium Booscha juga menerima kunjungan malam di bulan kemarau (April-Oktober). Pada waktu ini para pengunjung bisa mencoba meneropong bintang-bintang di malam hari."

    Ini nih yang perlu dicatat! Thanks for sharing, Kak.

    ReplyDelete
  3. Aduh jd inget, waktu petualangan sherina lg booming2nya aku pernah kesini dan lihat langsung pas atap dibuka. Meski gk buat neropong bintang, tp rasanya keren banget kalo liat langsung.. 😅😂😂

    ReplyDelete
  4. Boscha adalah tempat yang pengen kubkunjungi dari jaman petualangan sherina kak.
    Semoga segera visa kesana dimalam hari. Kuingin lihat bintang.

    ReplyDelete
  5. Aku pengen banget nyobain melihat bintang dengan teropong itu. Harusnya Oktober bisa nih ke sana.

    ReplyDelete
  6. Dari dulu pengen banget berkunjung ke sini, namun apa daya belum kesampean hingga sekarang

    ReplyDelete
  7. Huwaaaaa impian banget ini pengen ke sini. Gara-gara nonton petualangan Sherina dulu, aku langsung jatuh cinta dan membangun mimpi pengen ngintip bintang dari observatorium ini. Mau ah ke sana ngajak bocah

    ReplyDelete
  8. Ini destinasi wisata yg dr sebelum nikah sampai skrg blm aku kunjungi. Padahal pengen bangeeet. Apalagi semenjak lihat film sherina. Ma kasih ya mba infonya. Berguna banget nih buat aku.

    ReplyDelete
  9. Saya ingetnya dengan Petualangan Sherina, sampai saat ini masih rencana tuk mengajak si kecil kesana dan info ini sangat sangat membantu, mkch ya

    ReplyDelete
  10. Kalau liat Boschya inget sama film petualangan sherina, beberapa kali ke Bandung gagal terus ke sana. Sebagian besar karena tertutup :/

    ReplyDelete
  11. Daku pernah ke Lembang, dan sayangnya belum mampir ke Observatorium Booscha... Sayang bedh..kan..

    ReplyDelete
  12. Liburan ajak anak-anak nih ke boscha. . Kayaknya ada suka. .

    ReplyDelete
  13. tahun 2013 pas lagi hamil ngidam kesini eh alah tutup jadi ga bisa masuk akhirnya foto2an diluarnya aja hehehe

    ReplyDelete
  14. Saya sejak dulu pengen banget kesini, belum terlaksana saja hiks padahal saya tinggal di Bandung

    ReplyDelete
  15. Lihat boosha I get film petualangan Sherina.. dulu aku sampe mimpi main kesini dan Alhamdulillah kesampean juga kesana.. dan sekarang dan punya anak beum pernah main kesana lagi.. postingan ini mengingatkan saya untuk mengajak saya ke booscha

    ReplyDelete
  16. ya ampun aku udah lama banget gak kesini, terakhir mungkin 10 tahun yang lalu kali ya... jadi pengen kesana lagi deh mba

    ReplyDelete
  17. Mbaa, dari dulu aku juga pengen ke Bosca ini eh tapi belum terwujud juga. Padahal buat ajak anak untuk belajar soal astronomi adalah hal yang menarik ya mbaa

    ReplyDelete
  18. wah tempat nya keren ya mba, soon ke sini kalau aku ke bandung hihihi

    ReplyDelete
  19. Salah satu yang membekas di film Petualangan Sherina itu observatorium ini ya. Ih, pengen juga bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  20. Pengen banget bisa ke Boscha. Tetapi, jalan ke sananya yang suka macet suka bikin saya mikir panjang hehehe. Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa ke sana

    ReplyDelete
  21. Remember me of Petualangan Sherina Movie. Tempat yang kaya akan edukasi dan memberikan pengalaman seru tak terlupakan. One day we should coming back again. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  22. Hmmm kalo dikasih kesempatan ke Bandung lagi, saya pengen banget berkunjung ke tempat ini ��

    ReplyDelete
  23. Dari dulu punya wishlist ke sana belum kesampaian, hoo ternyata ada waktu2nya ya mba, ga sembarangan. Makanya dulu sempet bingung mai berkunjung sama temen yg rumahnya deket banget sama Booscha padahal...

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah mampir ke Boscha. Berarti kita seangkatan ya mba nonton Petualangan Sherina.

    ReplyDelete
  25. Udah lama tau tempat mainnya Sherina ini tapi belum pernah mampir sampai Sherina dewasa wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah so true! aku penggemar Petualangan Sherina dan tertarik ke Bosscha karena film itu.

      Delete
  26. Pengen ke sini, sejak nonton film Sherina, tapi blm sempet ke sana. Ntr ah rencanan ke sana kalau ke Bandung/ Lembang :D

    ReplyDelete
  27. Baru liat judulnya langsung keingetan film petualangan Sherina,hehe sejak film itu tayang sampai sekarang aku belom juga kesampaian pergi kesana, hiks,, semoga di liburan nanti aku sempetin deh kesana, kayaknya makin seru ya mbak.

    ReplyDelete
  28. Jadi ingat film sherina yang fenomenal itu

    ReplyDelete
  29. Impian aku nih bisa ke boscha apalagi aku seneng astronomi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin