Belajar phonephotography Buat traveling


Hai travellers! Setiap kita jalan-jalan, pasti mau banget kan mengabadikan momen selama perjalanan? Ga mau ada satu pun momen langka yang terlewatkan. Karena setiap momen itu tidak bisa diulang dua kali sama persis. Meskipun kita pergi beberapa kali ke tempat yang sama, pasti ada hal-hal baru dan rasa yang berbeda sama momen-momen pertama yang kita alami.

Terus buat mengabadikan setiap momen yang kita lalui saat traveling gimana dong? Pastinya dengan merekam memori yang ada ya, entah dengan foto dan video. Hmm, capture moment in good picture? Terasa agak susah ya, buatku juga. Karena aku bukan anak fotografi dan juga ga punya peralatan kamera profesional kaya fotografer-fotografer itu. Jadi gimana dong cara menyiasatinya?

Salah satu yang bisa kita upayakan adalah belajar phonephotography. Apa itu? phonephotography bisa kita bilang sebagai teknik-teknik pengambilan gambar menggunakan kamera HP tapi dengan beragam teknik fotografi. Dan yang pasti hasilnya lebih bagus dan lebih artsy dibanding kalau ambil foto dengan kamera HP yang asal jepret ya! Hehe.

Dulu aku sempat ikutan kelas phonephotography bareng komunitas kofipon. Dan banyak ilmu-ilmu serta tips and trick yang bisa kita terapkan buat pengambilan foto menggunakan kamera HP. Sharing ilmu waktu itu langsung dibarengi dengan praktik langsung loh. Dan foto hasil jepretanku dapet nominasi 3 foto terbaik :)

Foto terbaikku dengan jepretan kamera HP


Nah, gimana ya caranya ngambil foto dengan kamera HP? Coba simak tips-tips berikut.

Pencahayaan
Kamera seprofesional apa pun akan sangat membutuhkan pencahayaan. Sehingga pencahayaan yang baik menjadi hal yang sangat krusial untuk phonephotography. Dalam pengambilan gambar, biarkan subjek berada di bawah sinar matahari secara tidak langsung (terbaik) atau pada cahaya buatan secara tidak langsung (terbaik kedua).

Jangan Gunakan Zoom
Jika kita menggunakan zoom pada kamera HP, maka hasil fotonya nanti akan memiliki kualitas yang rendah. Jika ingin memfokuskan pada bagian-bagian tertentu pada obyek foto, lebih baik untuk bergerak mendekat pada obyek foto untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

White Balance
Smartphone sekarang sudah banyak dilengkapi dengan fitur white balance untuk mengatur dan mengontrol warna yang ditangkap oleh kamera. Kontrol white balance yang tersedia dalam hp antara lain auto, siang hari, malam hari, berawan, sinar terang, lampu pijar dan beberapa opsi lainnya. Sesuaikan white balance dan kondisi pemotretan ya!

Lakukan Perlahan
Biasakan tangan menjadi stabil setiap kali akan menggambil gambar dan lakukan secara perlahan. Kita bisa mencoba dengan menyandarkan siku atau tangan pada permukaan yang datar saat mengambil foto untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Atur Resolusi Kamera
Foto dengan resolusi tinggi tentu akan memiliki kualitas foto yang lebih bagus. Jangan gunakan fasilitas zoom dan mendekatlah pada objek foto untuk mendapatkan resolusi foto yang terbaik.
Gunakan Kamera Belakang
Kamera belakang memiliki spesifikasi resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera depan HP. Dengan demikian, hasil foto dengan kamera belakang akan lebih bagus.

Jagalah Kebersihan Lensa
Lensa kamera merupakan bagian terpenting untuk mengambil gambar. Oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan lensa. Jika kita menaruh HP pada saku atau tas, pastinya lensa akan menjadi berdebu dan kotor. Bersihkanlah lensa dengan kain secara rutin untuk menghapus kotoran dan noda-noda sidik jari.

Mendekat Pada Cahaya
Kurangnya pencahayaan saat fotografi adalah hal yang sangat menjengkelkan, terutama jika pemotretan dilakukan di dalam ruangan. Oleh karena itu, mendekatlah pada sumber cahaya. Sebisa mungkin cobalah pengambilan gambar di bawah pencahayaan alami, seperti dekat jendela atau dekat pintu. Atau bisa mendekat pada lampu neon atau lampu jalan saat memotret di luar ruangan.

Ini beberapa hasil foto yang dijepret menggunakan kamera HP selama jalan-jalan :)

Masjid Ramlie Musofa berlokasi di Depan Danau Sunter, Jakarta Utara

Ruang Ummat Gereja Katedral Jakarta

Nah, sekarang sudah tahu kan cara pengambilan gambar dengan kamera HP? Sekarang tinggal siapkan device terbaik untuk meng-capture momen-momen langka dalam setiap perjalananmu. Salah satu HP rekomendasi yang bisa kita gunakan adalah Lenovo a6000. HP keluaran Lenovo ini memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau. Lenovo a6000 ini mendukung phonephotography karena memiliki layar 5.0 inch, resolusi 720 x 1280 pixels, touchscreen, kamera utama 8 MP, 3264 x 2449 pixels, autofocus, LED flash, geo tagging, touch focus, face detection, video, kamera depan 2 MP, memori internal 8GB, 1 GB RAM, dan memori eksternal microSD up to 32 GB. Tentunya fitur in akan mendukung phonephotography kamu dan hanya dibanderol di harga 1,5 jutaan.

Selamat belajar phonephotography dan mengabadikan momen berhargamu setiap traveling!

Comments

  1. Suka sama hasil foto gedungnya. Benar-benar simetris.

    ReplyDelete
  2. Hasil fotonya bagus-bagus. Terima kasih sudah berbagi ilmu ya, Kak

    ReplyDelete
  3. Terimakasih tips phonephoyographynya kak..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tips phonephoyographynya kak..

    ReplyDelete
  5. Saya juga pernah memfoto bagian dalam Gereja Katedral, dengan obyek yang sama seperti Mbak Wulan. Cuma hasil fotonya pasti lebih bagus Mbak Wulan.

    ReplyDelete
  6. Aku sendiri pgn banget belajar motret yg bgs dgn hp :). Biasanya tiap traveling selalu bawa kamera kemana2, dan itu berat. Kalo lg malas, biasanya aju cm ngandelin hp. Tapi ya ituuu, hasilnya suka ga maksimal :p.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semarak "Beautifying Indonesia" Pada Helatan #AsianGames2018!"

Traveling #AsikTanpaToxic ke Petak Sembilan

Icip-icip Bakso Bom "Beranak" Mas Erwin