Cara Menikmati Wisata Kota Batu dan Malang

Kalau ada Garuda Indonesia promo, kamu mau pergi kemana? Traveling pasti akan jadi salah satu pilihannya kan. Promo tiket pesawat jadi alternatif unggulan kalau mau jalan-jalan nyaman dengan biaya murah. Harga promo di Garuda Indonesia sangat menggiurkan, karena maskapai penerbangan ini menawarkan kursi kelas bisnis dan kelas satu.
Garuda Indonesia (Sumber Gambar: garuda-indonesia.com)
Pergi ke beberapa destinasi wisata impian, misalnya ke Jawa Timur naik pesawat Garuda tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. By the waysoal tujuan wisata, kamu tahu ga? kalau di Jawa Timur ada banyak banyak tempat mengagumkan yang indah dan menarik?
Jawa Timur, selain dikenal sebagai pintu gerbang perekonomian Pulau Jawa, dikenal juga sebagai tujuan wisata favorit. Surabaya memang dikenal banyak orang, karena Surabaya adalah kota terbesar dan paling terkenal di Jawa Timur. Tapi, selain Surabaya, Malang dan Batu serta Banyuwangi adalah destinasi yang sangat menarik dan banyak diburu oleh traveler. Aku sendiri pernah meng-explore Banyuwangi selama lima hari dan terpukau dengan segala keindahan wisata alam dan budaya yang disuguhkan.
Tidak berlebihan mengingat di kota-kota tersebut ada banyak tujuan wisata menarik mulai dari Gunung Bromo, Pantai Pasir Putih, Pulau Sempu, Pulau Merah, Pantai Balekambang, Kawah Ijen, Jatim Park, Batu Night Spektakuler, dan tempat-tempat menarik lainnya.
Kalau harus memilih, tujuan wisata recommended di Jawa Timur yang sebaiknya ga dilewatkan adalah Kota Wisata Batu dan Malang. Kedua kota ini sangat menarik, karena menyajikan banyak objek wisata serta kemudahan akomodasi dan transportasinya.
Supaya kita bisa menikmati kunjungan wisata ke Batu dan Malang, ada beberapa tips nih yang sebaiknya tidak kita lupakan.

Membuat Rencana Wisata

Tips pertama yang sebaiknya kita lakukan untuk membuat suasana menyenangkan saat berwisata adalah “membuat rencana”. Menentukan kemana saja kita akan berwisata, memilih hotel yang tepat, dan mempertimbangkan transportasi yang akan digunakan saat berada di Batu maupun Malang adalah sebuah keharusan agar perjalanan wisata terasa lebih sempurna.

Memilih Hotel Tempat Menginap

Di Malang atau di kota Batu, ada banyak pilihan tempat menginap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, budget, dan selera. Jika kita menginginkan tempat menginap yang sederhana dengan fasilitas yang tidak terlalu mewah, di Kota Malang maupun di Kota Batu ada banyak pilihan hotel kelas melati yang tarifnya tentu saja murah.
Walaupun tempat menginap yang kita pilih jauh dari objek wisata, tidak perlu khawatir mengingat di Kota Batu dan Malang ada banyak angkot yang bisa kita manfaatkan untuk pergi ke manapun dari pagi hingga malam.
Hotel unik di Kota Batu (Sumber Gambar: hoteldibatumalangbagus.com)
Selain tempat menginap dengan harga terjangkau, di kota Batu dan Malang juga ada banyak hotel-hotel berbintang dengan fasilitas mewah dan berkelas. Bahkan, di Kota Batu, ada hotel yang lokasinya berada di obyek wisata Jatim Park. Hotel unik dan menarik ini pasti akan membuat pengalaman liburan semakin asyik dan menyenangkan.

Memilih Transportasi untuk Wisata

Ada banyak hal yang perlu kita pertimbangkan ketika memilih sarana transportasi saat berwisata di kota Batu dan Malang. Di Kota Batu, cuaca dan iklimnya jauh lebih sejuk dan dingin dibandingkan dengan Kota Malang. Namun, landscape Kota Batu sedikit berbukit dan bergunung. Berbeda dengan Kota Malang yang agak datar.
Mempertimbangkan cuaca, landscape, dan jarak tempat-tempat wisata bisa memberikan kita banyak opsi dalam memilih transportasi.
Jika ingin hemat dan tidak terbentur dengan waktu, memilih angkot sebagai transportasi utama adalah pilihan tepat. Tapi, kalau kita berkunjung saat musim hujan, atau jika berkunjung hanya dalam waktu beberapa hari dan ingin menikmati serta mendatangi banyak objek wisata, ada baiknya kita menyewa kendaraan agar mobilitas lebih cepat dan efektif.
Harga sewa kendaraan roda empat di Malang dan kota Batu cukup bervariasi mulai dari Rp200.000. Sayangnya, di kedua kota tersebut penyewaan kendaraan roda dua masih agak sulit ditemukan.

Berwisata Malam Hari

Di Kota Malang dan Kota Batu, ada banyak tujuan wisata di malam hari yang bisa kita kunjungi. Tapi, karena kota ini ada di dataran tinggi, sudah pasti cuacanya dingin. Jadi, saat datang berwisata, jangan lupa membawa pakaian hangat, sarung tangan, syal, penutup kepala, dan sepatu ya.

Berburu Kuliner

Kuliner Sriwijaya Malang (Sumber Gambar: septianwilsonwebpage.blogspot.co.id)
Selain mengunjungi beberapa tujuan wisata, malam hari adalah waktu yang tepat berburu kuliner. Ada banyak kuliner khas Malang atau khas Jawa Timur yang sebaiknya tidak kita lewatkan. Seperti, Orem-orem, Bakso Malang, Angsle, Nasi Tumpang, Lontong Balap, Pecel, Rujak Cingur, dan banyak makanan khas lainnya.

Jelajahi Satu Kota Sebelum Berpindah Ke Kota Lain

Di Kota Batu obyek wisatanya cukup banyak. Sebagian besar objek wisata yang ada di kota Batu merupakan objek wisata terpadu seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Secret Zoo, Batu Night Spektakuler, Museum Angkut, dan lain-lain. Walaupun begitu, ada juga beberapa objek wisata alam seperti Air Terjun Cobanrondo, Paralayang, Wisata Petik Buah, dan lain-lain.
Karena begitu banyak objek wisata yang ada, sebaiknya kita berkonsentrasi menjelajah di satu kota lebih dulu sebelum berpindah ke kota lain. Misalnya, jika tujuan pertama adalah Malang, sebaiknya datangi dulu semua objek wisata menarik di Malang sebelum pergi ke kota Batu. Dengan begini, selain bisa menghemat waktu, juga bisa menghemat biaya.
Itulah beberapa tips yang bisa membantu kita saat liburan. Have fun!

Comments

  1. jalan jalan malam hari sambil berburu kuliner khas daerah itu sangat mengasikkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berani Hidup Tanpa Uang Tanpa Utang?

Ketika Pengetahuan Budaya Indonesia Menjelma Dalam Kode-Kode Nusantara

7 Pesona Wisata Jawa Tengah