Blog Sharing: Daerah Tujuan Backpacker dan Tips Ngeblog

Selasa malam, 26 April lalu, aku menjadi moderator untuk sesi sharing di Klub Buku dan Blogger (KUBBU) Backpacker Jakarta. Dan sedikit info, Backpacker Jakarta itu komunitas jalan-jalan yang sistemnya share cost. Jadi, kita purely patungan untuk segala kebutuhan dan pengeluaran trip yang kita ikuti. Para panitia maupun pengurus Backpacker Jakarta ini tidak mengambil untung apa pun dari kegiatan jalan-jalan yang diselenggarakan. Seru ya! Dan yang pasti ini bermanfaat sekali untuk kita para backpacker :D

Jika tertarik untuk gabung dan mau mengulik lebih dalam tentang Backpaker Jakarta silakan kunjungi websitenya di Backpackerjakarta.com ya.

Nah, lanjut. Apa sih KUBBU itu? KUBBU itu, klub yang dibentuk oleh anggota Backpacker Jakarta untuk mewadahi anggota-anggota Bakcpaker Jakarta yang punya hobi menulis dan ingin belajar untuk mengembangkan minatnya tersebut. KUBBU ini resmi terbentuk pada bulan Desember 2015. Dan kebetulan, aku hadir dan ikut serta dalam acara Kopdar Akbar dan Peresmian KUBBU ini :))

Di KUBBU kita tidak hanya membahas blog, tapi juga buku, sejarah, sastra dan tentunya traveling.

Okay, fokus pada sesi Blog Sharing malam itu.
Blog Sharing kali ini mengangkat tema "Daerah Tujuan Backpacker dan Tips Ngeblog" bersama Mas Salman.

Mas Salman ini memiliki nama panjang Salman Faris dan Blog nya bisa dikunjungi di salmanbiroe.com & bluepackerid.com ya :)


Berikut cuplikan sesi sharing malam itu:

Q: Web Mas Salman kan ada di salmanbiroe.com & bluepackerid.com ya, web nya Sudah dibuat sejak kapan ya? Dan tema apa saja sih yang mas Salman tulis?

A: Untuk salmanbiroe.com sebetulnya blog lama dari tahun 2011, tapi baru rubah ke top level domain 2015 awal. Nah kalau bluepackerid.com baru di April 2015 baru lahir. Temanya banyak banget, semua hal bisa masuk kesini, bisa dibilang lifestyle blog. Sedangkan karena saya suka banget jalan-jalan maka bluepackerid.com sku khususin tulisan tentang traveling. Mulai ngeblog tahun 2004, waktu itu blog pertama masih di blog indosiar, terus ke multiply, sempat mampir ke tumblr dan rumah terakhir di blogspot.

Q: Alasannya Mas Salman pertama Kali terjun ke dunia blogging apa sih mas?

A: Alasan ke dunia blogging ada dua : satu pengen mencurahkan isi hati melalui tulisan di blog dan yang kedua ingin terkenal gara2 karya yang di blog. Kalau yang lain itu mah bonus aja.

Q: Mas Salman kan suka jalan-jalan ya? Menurut mas, kriteria daerah tujuan yang menarik Untuk dikunjungi apa sih?

A: Kriteria daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi bisa dari alamnya, sejarah atau budaya dan kuliner yang khas, Dan ditunjang dengan masyarkat di daerah tujuan yang wlecome terhadap pendatang atau turis dan yang utama juga akses atau transportasi ke tujuannya.

Q: Nah mas Salman, apakah mas selalu menuliskan pengalaman jalan-jalannya di web mas? Bagaimana proses menulisnya?

A: Pasti akan saya tulis di web/blog saya, tapi karena kesibukan dan lain hal, saya hanya dapat menceritakan hanya per bagian-bagian saja, kadang saya lihat dari topik mana yang menarik dan masih dalam ingatan saya.

Q: Apa saja sih hal-hal yang harus tertulis di web / blog kita ketika ingin menuliskan cerita kita, khususnya Untuk pengalaman traveling mas?

A: Bagaimana prose's menulisnya? Proses menulis kembali kedalam blog, biasanya saya selalu memotret seluruh hal yang menarik sepanjang perjalanan, bahkan saya suka merekam pakai camera beberapa part yang menarik dan bisa merecall kembali pada saat saya akan menulisnya. Oh selain video, saya juga suka merekam wawancara dengan beberapa orang misalnya ketua adat atau kepala desa dll.

Kalo saya biasanya pakai 5 W 1 H, setelah semua hal terpenuhi, biasanya saya menarik benang merah, hubungan antara satu tempat dengan tempat lain. Selain benang merah, kemudian saya menarik satu atau dua kejadian yang unik dan lain daripada pengalaman orang lain. Misalnya saat ke Uluwatu, ternyata saya menangkap momen monyet yang mengambil sandal jepit seorang gadis. Bisa juga pengalaman konyol, menyenangkan atau tragis bisa jadi bumbu2 dalam tulisan.

Q: Nah, Hal-hal apa saja sih mas yang dicari dan menarik pembaca? Sehingga pembaca mau meluangkan waktu untuk membaca tulisan kita?

A:Pembaca biasanya sangat ingin membaca pengalaman personal kita pada saat ke tempat wisata, bahkan cerita saya ke jepang sendirian pun direspon dengan bagus karena sangat personal dan tidak melulu membahas tempatnya saja.

Q: Selama ini, Bagaimana cara mas salman menyebar informasi tentang tulisan mas salman kepada netizen?

A: Social Media adalah salah satu hal penting dalam menyebarluaskan tulisan kita. Melalui social media, teman dekat, keluarga dan pembaca mendapatkan update tentang tulisan. Disamping itu saya tergabung dalam beberapa komunitas, saya sering share tulisan saya ke seluruh komunitas tersebut. Begitu pentingnya socmed tersebut. Oh iya, jangan malu untuk menyebar tulisan di socmed dan komunitas, karena dengan menyebarkan tulisan kita maka peluang lain akan terbuka, misalnya dilirik brand tertentu.

Q: Apa sih manfaat yang didapat oleh Mas Salman selama terjun di dunia blogging?

A: Manfaatnya 1) banyak teman blogger 2) tulisan kita dibaca banyak orang karena bisa diakses oleh siapapun 3) mendapatkan benefit jika dimonetize 4) bisa jalan-jalan gratis 5) kenal banyak orang diluar blog dan masih banyak lainnya.

Q: Pengalaman menarik apa yg mas alami di dunia blogging?

A: Banyak sekali pengalaman sih, terutama bisa jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia, kemudian ketemu sama artis idola gara2 mereview filmnya, kemudian bisa kenal pejabat penting dan direktur perusahaan besar seperti samsung dll, serta bisa bertemu pejalan-pejalan lain dari berbagai daerah keren.

Q: Mas salman , boleh kah memberikan tips ngeblog yang bisa kita pelajari?

A: Tips untuk ngeblog adalah 1) mulai saja, tulisan belum bagus ngga masalah karena akan berproses 2) pelajari tulisan blogger yang menurut kamu bagus dan setelah mempelajari modifikasi sesuai dengan style tulisan kamu 3) konsisten, ini yang paling penting, karena kalau nunggu mood untuk nulis bisa2 hanya 1 atau 2 tulisan setiap tahun. Bisa nulis seminggu sekali kalau masih berat dua minggu sekali dan kalau masih berat juga minimal 1 bulan sekali.

Wah, sesi sharing yang bermanfaat sekali dan banyak antusiasme dari anggota KUBBU Backpacker Jakarta tentunya! Berlanjut ke sesi diskusi dengan para anggota nih. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang terlontar selama sharing berlangsung:

Pertama, pertanyaan dari Mas Achy; "blog yg isinya random bs dikategorikan lifestyle blog ya?"

A: Bisa saja mas, Lifestyle bisa mencakup semuanya, dan walaupun blog gado2, bisanya ada satu tema yang sering ditulis, nah biasanya ini yang akan menjadi niche dari blognya, lifestyle lebih condong ke traveling atau kuliner.

Kedua, Pertanyaan dari Kak Zhao; "Untuk membuat judul tulisan harus menarik kah? Atau harus kontroversial? Supaya menarik viewers?"

A: Untuk Judul tulisan, sebetulnya saya juga kurang ahli dalam membuat judul yang bombastis, tapi biasanya saya siasati dengan isi tulisan yang lumayan menarik. Karena konten bisa menarik pembaca, daripada judul yang bombastis tapi isinya kurang. Namun kalo bisa membuat judul dan tulisannya menarik itu lebih bagus. Mengenai yg kontroversial, saya biasanya bahas kalau memang pernah saya alami atau memang memiliki pengetahuan di tema yang kontrovesi tsb.

Kalau kita belum kenal blog mungkin jg males baca kontenny kalo judul kurang menarik, mungkin foto bisa diandalkan.

Ketiga, pertanyaan dari Bu Fadlun; "Mas salman kan punya dua blog, nah memanage ngisinya bagaimana?"

A: saya biasanya menulis minimal sekali 2 kali sebulan untuk satu blog, jadi total 4 kali dalam sebulan. Untuk memanage, saya biasanya menulis materi yang ada saja, misalnya blog salmanbiroe.com dalam sebulan bisa 3, dan bluepackerid.com hanya satu, dan komposisinya bisa berubah, tapi setidaknya satu bulan harus posting berapa.

Keempat, Pertanyaan dari Mba Titis; "Mas Salman pernah kena writer blocks atau gak mood nulis gak? Bisa share tipsnya? Makasih"

A: Semua blogger atau penulis pernah mengalami ini, biasanya aku escape from daily routine dulu, misalnya yang simple tiap hari makan di warteg bu Dita, maka saya ubah makan di bakso mang ade, misalnya mainnya di mall terus kita sekali kali mampir ke sawah deket rumah temen misalnya, kalau kurang baca bisa baca yang lucu2 dulu break dari hal yang membuat pikiran kita stress dan tegang baru, biasanya kalau melakukan diluar rutinitas banyak ide2 baru. Setelah dapat ide maka baru nulis lagi, tapi jangan lama2 writer blocknya. Oh iya, sering baca blog2 orang bebeda kalau pas lagi writer block.

Kelima, Pertanyaan dari Mas Mukti; " Bagaimana supaya bloger bisa rajin posting?"

A: Supaya rajin ngeblog, balik lagi kepertanyaan tujuan awal ngeblog apa? mau tenar? mau dapat duit? Atau sekedar hobi? Kalau saya ngeblog sudah menjadi bagian yang dimonetize dan kearah profesional sehingga blog harus perform bagus. Selain itu, cita-cita saya bisa keliling Indonesia atau Dunia murni dari blog. Jadi mau ngga mau harus rajin ngeblognya. Kalau pas lagi ngga semangat ngeblog, bisanya saya lhat blogger2 keren yang bisa keliling Indonesia melalui blognya, pas lihat mereka maka motivasi saya kembali lagi dan ngeblog lagi deh. hahaha :))

Keenam, Pertanyaan dari Mba Nancy; " Kalau judul ga menarik apa bisa membuat orang baca blog kita?"

A: Okay, judul ngga menarik tapi traffic postingan "Berkeliling Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta" (http://www.bluepackerid.com/2015/05/berkeliling-museum-benteng-vredeburg.html) bisa mengalahkan postingan dengan judul yang cukup menarik "“Tragedi” Monyet, Menikmati Senja dan Menonton Tari Kecak di Uluwatu, Bali" (http://www.bluepackerid.com/2016/04/Menonton-Tari-Kecak-Uluwatu-Bali.html) . Jadi ngga usah khawatir ngga ada yang baca gara2 judulnya biasa atau standar, yang penting isinya bisa membuat pembaca betah berlama-lama. Justru kalau kita ngga pernah mencoba berbagai model judul dan tulisan maka ngga akan tahu juga kan. Yang penting nulis dulu, judul bisa belakangan, atau bisa dibikin sesimple mungkin.

Ketujuh, Pertanyaan dari Kak Ifal; "Apakah penting tampilan blog dan SEO?"

A: Penting, tapi kalau bagi yang mulai ngeblog, jangan sampai terpaku pada SEO terlebih dahulu, misalnya 3 bulan pertama tampilan blog masih biasa, tapi isi sudah rutin dan banyak pembaca, boleh pada bulan ke 4-6 memperbaiki penampilan blog, kalau sudah bagus blog baru beralih ke SEO. step by step, jangan dipikirin semuanya pas mau bikin blog, malah nanti ngga jadi ngeblog. Oh iya, jangan lupa kalau mampir ke blog orang tinggalkan komen biar dikomen balik, kalaupun ngga dikomen balik setidaknya ada pembaca yang akan mampir melalui link kita di blog orang tersebut.


Nah, dengan berakhirnya sesi diskusi usai sudahlah sesi Blog Sharing malam itu di KUBBU Backpacker Jakarta. Nantikan, review Sharing-sharing lainnya ya :))






























Comments

Popular posts from this blog

Berani Hidup Tanpa Uang Tanpa Utang?

Ketika Pengetahuan Budaya Indonesia Menjelma Dalam Kode-Kode Nusantara

7 Pesona Wisata Jawa Tengah