OH, INDAHNYA NUSANTARA!

Pernah berjalan-jalan berkeliling ke beberapa daerah di pelosok Nusantara? Atau sekedar berselancar di dunia maya untuk melihat-lihat keindahan yang ditawarkan oleh bumi Nusantara?

Jika ya, pasti kita merasa takjub dan membelalakkan mata untuk mengagumi keindahan alam dan pemandangannya.

Jika kita menjelajah ke salah satu sudut wilayah Indonesia yang menawarkan keagungan dan keindahan alamnya pasti tak terpisahkan dengan KEBIASAAN, ADAT, BUDAYA DAN TRADISI masyarakatnya. Ya, budaya tradisi yang pastinya melekat di masing-masing wilayah di seluruh Nusantara.

Sepenggal pengalaman yang berharga bagiku, tepat setahun yang lau, Juni di tahun 2013. Senang rasanya, dan ada rasa bangga mewakili almamater (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)) dalam rangkaian kegiatan Safari Bhakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS). Kegiatan SBKS ini diselenggarakan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia, sebagai salah satu upaya merangkul saudara-saudara di Timur Indonesia, dan sebagai Jembatan Kedaulatan NKRI. Tak heran jika kegiatan SBKS ini ingin menjadi kedaulatan NKRI.


"SBKS - JEMBATAN KEDAULATAN NKRI"

Kemensos RI melalui kegiatan SBKS mencoba merangkul dan menyapa saudara-saudara setanah air yang tak terjamah, tak terperhatikan sekian lama oleh Pemerintah, karena akses yang begitu sulit. Dan mungkin, saudara-saudara kita di Timur Indonesia sana merasa di anak-tirikan oleh Pemerintah RI. Kegiatan SBKS, diisi dengan rangkaian kegiatan bakti sosial, pengobatan gratis, edutainment, dan ramah tamah dengan penduduk sekitar. Kegiatan SBKS ini diselenggarakan sejak tanggal 4 Juni hingga 28 Juni 2013, ke tujuh titik tujuan bakti sosial.

Waingapu, Pulau Solor, Pulau Wetar, Ambon, Pulau Haruku, Fakfak, Sorong, Makassar/Pangkep akan menjadi memori yang indah.

Menyambangi titik-titik terluar di Timur Indonesia yang begitu sulit dijangkau, namun menawarkan keindahan alam dan kekayaan BUDAYA TRADISI yang tiada duanya!

Perjalanan ke Timur Indonesia selama 24 hari itu tidak mungkin terlupakan!

Keindahan alam dan pemandangan yang memanjakkan mata sudah pasti, dan yang pasti KEBIASAAN, ADAT, BUDAYA DAN TRADISI yang melekat tak terpisahkan di masyarakatnya.

4 Juni 2013, sekitar pukul 04.00 WIB dini hari berangkat dari kampus bersama Afriza menuju Tanjung Priuk untuk menaiki KRI Banjarmasin 592. Dan dimulailah perjalanan ke Timur Indonesia. …


"BERSAMA AFRIZA DI ATAS KRI BANJARMASIN 592"


"KRI BANJARMASIN 592 MENGANTARKAN KAMI, TIM SBKS MENUJU TIMUR INDONESIA"

Comments

Popular posts from this blog

Berani Hidup Tanpa Uang Tanpa Utang?

Ketika Pengetahuan Budaya Indonesia Menjelma Dalam Kode-Kode Nusantara

7 Pesona Wisata Jawa Tengah